Lihat ke Halaman Asli

Malam Takbiran di Mall dan Sang Pencerah

Diperbarui: 26 Juni 2015   13:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sejak dimulainya cuti bersama yang bersamaan dengan malam takbiran, otomatis saya agak-agak mati gaya untuk menghabiskan liburan.  Maklum aja termasuk anak yang dilarang mudik oleh Mama, karena kami sekeluarga merencanakan pergi ke Ambon (doain yah jadi....pengen banget nih), kebetulan Mama juga orang Ambon numpang fam doang, fam sih boleh Ambon, lihat tanah Ambon gak pernah sama sekali.  Jadi mumpung salah seorang adiknya Mama jadi pejabat di BKKBN Ambon dan pastinya dapat fasilitas rumah, yah udah kapan lagi gak.  Dan itu artinya gak mudik dulu tahun ini. Karena gak mudik dan juga gak ada kerjaan di kantor (karena udah termasuk tua nih jadinya gak on call) akhirnya pas hari puasa terakhir dan malam terkahir saya malah menghabiskannya di Mall.  Pertama saya ke Gramedia beli buku gila-gilaan salah satunya adalah Madame Bovary, buku yang ingin saya baca setelah terinspirasi dari buku Angsa-Angsa Liar-nya Jung Chang (nanti akan saya review), terus ke FO beli baju kaos buat kerja dan olah raga (ooohhhh maaaannnn saya ukuran saya bertambah jadi saya wajib berolah raga) terakhir nonton film Sang Pencerah. Gara-gara baca review film Sang Pencerah di Kompasiana (mmaf lupa siapa yang nulis) yang menurut saya keren banget (maksudnya review-nya keren banget so dua jempol buat yang nulis), akhirnya saya memberanikan nonton film ini.  Fyi, saya agak-agak males dengan karya Hanung Bramantyo gara-gara film Ayat-Ayat Cinta karena saya buka tipa cewek yang pro dengan poligami.  Jadi walaupun sama teman-teman, saya dianggap gak ngikutin trend tapi yang namanya poligami yah poligami, begitu juga nasib buku Lolita karena saya benci banget sama Phedophilia. Balik lagi ke Sang pencerah, ternyata sukses tidak mengecewakan saya.  Saya begitu tertarik dengan dialognya.  Dialog demi dialog yang membuat saya menjadi merenung dan berpikir.  Saya jadi ingat ketika saya mengikuti pelatihan penulisa skenario di UI.  waktu itu salah satu pembicaranya adalah Hanung, seingat saya, dia baru merencanakan membuat film Ayat-Ayat Cinta.  Saya bertanya dengan dia "Bagaimana caranya membuat dialog yang berkesan, kuat dan membuat orang merenung seperti film Dead Poet Society".  Dia menjawab (secara garis besar saya tuliskan disini) bahwa membuat dialog di film itu bukan pekerjaan mudah, perlu wawasan dan pemikiran.  Jadi yah banyak-banyak lha memperluas wawasan karena tidak ada sekolah atau teori tentang hal ini.  Saya setuju dengan perkataan Hanung tersebut. Kembali lagi ke Sang Pencerah, yang paling berkesan dalam film itu adalah akting Slamer Rahardjo. Melihat betapa antagonisnya Slamet Rahardjo, saya jadi teringat seorang artis Taiwan yang suka main di drama di DAAI TV (favorit TV Lokal nih) ketika diwawancarai mengenai dramanya yang terbaru.  Kebetulan artis itu tahun 90-an adalah salah satu jajaran artis top di Taiwan.  Ada satu pertanyaan mengenai hal tersebut kira-kira begini "Bagaimana rasanya dulu anda dipuja sebagi artis terkenal, semua orang terfokus pada anda, dalam filmpun anda selalu jadi fokus dan sekarang anda hanya berperan menjadi Ibu dengan kata lain anda hanya medampingi pemeran utama".  Si Artis menjawab "Semua itu perlu anda penyesuaian.  Namun menjadi (peran) Ibupun juga tidak jelak karena saya bisa mengeksplorasi peran saya, jadi Ibu baik, Ibu jahat, Ibu cerewet, Ibu tegas macam-macam.  Malah lebih luas daripada ketika saya jadi pemeran utama karena saya hanya memerankan tokoh yang itu-itu saja". Saya lihat Slamet Rahardjo memang melakukannya.  Saya sempat melihat film-film awal karir beliau ketika dia masih kurus dan berpasangan dengan Chritine Hakim amat berbeda sekali, kelihatan sekali kalau eksplorasi aktingnya meluas dan terlihat dia menikmatinya.  Yang pasti walaupun menjadi aktor "matang" dan "hanya" mendampingi Lukman Sardi, tetapi yang namanya karisma seorang aktor besar tidak bisa ditutupi oleh aktor-aktor baru macam Giring Nidji dan Ihsan Taroreh sekalipun.  Sampai pada beberapa adegan, saya menjadi penonton tipikal orang Indonesia, saya marah, sebel camper BT sama Slamet Rahardjo.  Pas adegan beliau berhadapan dengan salah satu pegawai Keraton (dekat-dekat mau closing) ngomongin soal kesalahpahamannya, saya langsung ngetawain dia..."Rasain Lu!!!"  Asli norak banget untuk nonton sendiri kalo nggak.......... Selain itu saya suka sekali pemilihan Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan.  Apalagi pas dia main biola....itu mah sama sekali bukan akting....hehehehehehe......emang dia bisa main biola kan??!!! Secara anaknya Idris Sardi.....hehehehehehe.  Aktingnya juga bagus kok. Saya juga suka wardrobe yang dikenakan.  Beneran deh pakaian yang digunakan Lukman ketika dia menjadi guru Kweek School (mohon maaf kalo tulisannya salah) mirip sekali dengan baju yang dikenakan Eyang Buyut saya yang saya lihat di foto jadul punya Eyang Ti saya. Kebetulan pada jaman itu Eyang Buyut saya adalah camat.  Tau gak kenapa dia jadi Camat??  Karena pendidikannya???  Bukan sama sekali.  Karena bisa bahasa Belanda???  Bukan juga.....karena Eyang Buyut adalah preman atau carok pada jamannya....HAHAHAHAHAHAHA....karena Belanda udah kewalahan dan takut menangani Eyang Buyut makanya ditawarin jadi Camat asal tidak berbuat onar lagi yah karena masa itu orang-orang pada punya pikiran "lucu" juga kali jadi priyayi alias pegawai negerinya Belanda ya udah Eyang Buyut saya mau....HAHAHAHAHAHAHA....Nah setelah itu Eyang Buyut saya jadi camat di kawasan Ponorogo maksudnya di sebuah kecamatan kecil di Ponorogo....maaf yah saya lupa nama kecamatannya, yang pasti beberapa tahun yang lalu keluarga besar Eyang Buyut dari beberapa istri sepakat menjual tanah warisan di Ponorogo, hasilnya dibagikan untuk masing-masing cucu-cucu beliau yang membutuhkan.  Menurut kabar tanah yang sudah laku itu akan dijadikan terminal dan pasar oleh Pemkab Ponorogo. [caption id="attachment_255969" align="alignleft" width="229" caption="Ini baju yang mirip banget yang dipakai oleh Eyang Buyut saya pada jaman itu :D Artinya AYang Buyut saya perlente juga yah...:D"][/caption] Ok, kita sudahi dulu cerita Eyang Buyut saya kembali ke pakaian yang beliau pakai.  Jadi Eyang Buyut suka berpakaian perlente kayak yang digunaka Lukma Sardi dalam film tersebut.  Pakai jas ala Belanda dengan hiasan jam saku dari emas atau perak, pakai Blangkok, tongkat dan kain batik....bedanya cuma satu  Lukman Sardi pakai selop sedangkan Eyang Buyut saya nyeker alias gak pakai alas kaki.  Eyang Yut...Eyang Yut biar jadi priyayi yang namanya kaki udah dari sononya "pribumi" yah susah dikasih alas kaki Londo...jadi menurut Bapak, beliau belum pernah melihat Yang Yut memakai alas kaki seumur hidupnya. Kembali lagi ke film Sang Pencerah (maaf nih agak-agak ngalor ngidul), sayangnya saya agak-agak gak suka sama make upnya.  Emang sih maksud hati ingin natural, terus menggambarkan bahwa pada saat itu emang sawo mateng kondisi warna kulit orang-orang Indonesia hanya saja kok lama-lama malam jadi sawo kematengan yah alias kok jadi gelap banget warna kulitnya sama sekali gak natural.  Yah tapi gak apa so far sih hanya segitu yang mengganggu.  Secara keseluruhan sih yang kalo saya punya sepuluh jempol saya kasih 12 deh jempol saya......hehehehehehehehehe..... Sudah lah saya sudahi dulu cerita saya tentang malam takbiran yang sama sekali tidak berkesan itu.  Lama-lama kok saya jadi terlalu ngalor ngidul deh.  Yang pasti kalau saja film ini keluar jaman saya masih sekolah dan ketika saya lagi mampus-mampusnya belajar sejarah Indonesia...waaahhh nilai sejarah saya pasti jadi bagus deh.....hehehehehehehe...... Sumber Gambar : Poskota.co.id, flickmagazine.net




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline