Lihat ke Halaman Asli

Nanang Diyanto

TERVERIFIKASI

Travelling

Sholat Ied dan Lebaran Diundur, Bertepatan Hari Naas

Diperbarui: 23 Juli 2015   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ponorogo, 17/07/2015

Meski pemerintah lewat kementrian agama bersama berbagai ormas besar sudah mengumumkan lebaran jatuh pada hari ini (17 Juli) namun tidak serta merta bisa diikuti atau dijalankan sampai tingkat bawah, sebagai salah satunya cerita di desa Jurug Sooko Ponorogo tadi, masyarakatpun harus rela menunda sholat Ied dan berlebaran sehari sesudahnya, dan berikut ini cerita selengkapnya.

Bersama keluarga besar setelah sholat Ied dan sungkeman di tempat orang tua, kami segera meneruskan perjalan masing-masing, saya-pun mengambil arah untuk bersilahturohmi ke daerah Jurug Sooko tempat kelahiran bapak kandung saya, nyaris desa masih sepi belum semarak seperti daerah-daerah lainya. Tampak masih banyak orang yang pergi ke ladang dan sawah, mencari makan ternak, namun kebanyakan pergi mengunjungi pemakaman seperti gambar atas. Jalan-jalan masih sepi bahkan suara takbir-pun nyaris tidak terdengar dari masijid atau surau di desa yang wilayahnya paling luas di Ponorogo tersebut. Terasa aneh meski banyak surau dan masjid namun nyaris tiada kegiatan. Dan rumah-rumahpun masih tutup meski matahari sudah bergeser di atas kepala.

Saya dan keluargapun langsung menuju ke tempat pakde dan bude (saudara bapak) sesampai sana-pun juga sepi, tidak seperti lebaran-lebaran sebelumnya, selalu semarak, jalanan dipeunuhi orang yang berjalan berarakan, dan rumah-rumah terbuka dengan segala macam kue dan hidangan yang tersedia. Rumah pakde dan paklikpun juga masih tutupan, dan akhirnya saya masuk ke tempat adik bapak saya yang paling bungsu, dia masih asyik menjahit pakain dari pelanggannya, sementar istrina asyik mencuci di halaman belakang.

"Kok durung lebaran?" tanya saya pada paklik

"Sini besok, kalau mau lebaran datang lagi besok....." jawabnya sambil tersenyum yang membuat saya tambah bingung, namun dia sambil menyilahkan saya duduk masih tetap saja dengan pekerjaannya deng tumbkan kain setengah jadi yang dijahitnya.

"Sini sholat Ied-nya masih besok pagi, dan setelah sholat Ied pintu-pintu baru buka, dan orang orang baru berlebaran...." jelasnya.

"Masih puasa noh...." celetuk saya

"Sudah endak, la bapakmu apa ndak pernah cerita tentang keunikan desa Jurug ini?" jawab palik sambil balik bertanya, saya cuma menggeleng, karena masih merasa aneh dan bingung.

"Sedari dulu desa Jurug ini kalau lebarannya bertepatan hari pasaran Wage atau Jumat, lebarannya diundur karena naas desa jatuh pada pasaran Wage dan hari Jumat tersebut....." jelas paklik

"Namun begitu orang-orang sudah tidak berpuasa, dan sholat Ied pun juga mudur, beberapa hari yang lalu pak lurah mengintruksikan untuk menutup pintu dulu dan mengundur lebaran sehari meski pemerintah sudah mengumumkan..." katanya lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline