Lihat ke Halaman Asli

Nanang Diyanto

TERVERIFIKASI

Travelling

Hari Jadi Perawat dalam Hiruk Pikuk Politik

Diperbarui: 21 Maret 2019   19:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Shuttestock

Tanggal 17 Maret 2019 kemarin perawat Indonesia merayakan hari ulang tahunnya yang ke-45. Hari ulang tahun yang tak semua perawat Indonesia ingat hari jadinya. Tema tahun ini "Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat"

Hari jadi di tahun politik yang penuh hiruk pikuk persiapan pesta demokrasi yang sangat rawan dengan gesekan.

Siapa perawat? Bagaimana perawat? Mau dibawa ke mana perawat? Adalah pertanyaan klasik yang seakan tidak pernah terurai sedari dulu dan tak pernah terjawab.

Pada debat calon Wakil Presiden masalah kesehatan disinggung. Meski tidak spesifik tenaga perawat disebutkan, tapi ada arah ke sana. Kyai Ma'aruf Amin menyebutkan tentang pembangunan kesehatan yang luas tak hanya terfokus pada pengobatan (kuratif). 

Preventif, promotif, kuratif, dan kurang rehabilitatif yang belum disebut. Senada dengan tema hari jadi perawat, jika keluarga dan masyarakat menjadi fokus dalam pembangunan kesehatan.

Kesemuanya adalah bidang garap perawat. Perawat dipersiapkan untuk hal itu. Kuratif lebih banyak dilakukan di rumah sakit. Sedangkan preventif, promotif, dan lebih banyak diaplikasikan pada masyarakat.

Tenaga kesehatan 60 persen adalah perawat. Mereka bertugas 24 jam per hari, tujuh hari per minggu dan tidak terbatas pada geografi. Mulai perkotaan, kecamatan, desa, sampai pegunungan.

Dulu Gubernur Jawa Timur Sukarwo pernah mencanangkan satu desa satu perawat melui program Poskesdes, Pondok Kesehatan Desa. Menurut Gubernur Sukarwo kala itu, Ponkesdes sangat penting dalam rangka meningkatkan upaya preventif dan promotif. 

Menurut Pakde Karwo jika pola kesehatan preventif, promotif bisa berjalan diharapkan bisa mengurangi beban BPJS yang lebih mengcover kuratif. Dengan adanya Ponkesdes, masyarakat jadi tenang merasa dekat dengan pelayanan kesehatan. 

Logo Hari jadi perawat 2019, dok DPP PPNI

Kilas balik ini menggambarkan bagaimana perawat menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan dimanapun dia ditempatkan.

Kembali pada profesi keperawatan yang sedang berulang tahun menjelang pesta demokrasi. Majunya sebuah profesi ketika mendapatkan pengakuan baik secara subtansial maupun secara profesional. Baik secara hukum maupun secara kelembagaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline