Lihat ke Halaman Asli

Nanang Diyanto

TERVERIFIKASI

Travelling

Berguru kepada Syech Wasil Syamsuddin di Setono Gedong Kediri

Diperbarui: 3 Januari 2017   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

makam dan pusara syehc Wasil Syamsuddin | Dokumen pribadi

Makam Syech Wasil Syamsuddin di Setono Gedong Kediri menyimpan banyak misteri. Tentang awal masuknya Islam di Indonesia, jauh sebelum para saudagar Gujarat dan para waliyullah seangkatan Walisongo. Hubungan beliau dengan Prabu Sri Aji Joyoboyo terdokumentasikan pada 2 prasasti, konon satu di Trowulan dan satunya lagi disimpan di balai pustaka di Jakarta sana, kata Pak Juari yang saban hari menjadi pemandu freelance di area makam.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Tahun 2000-an Kompas pernah menulis tentang kedatangan beliau yang diundang khusus oleh Raja Joyo Boyo untuk membahas satu kitab. Pada masa itu agama resmi kerajaan Budha dan Hindu. Entah tentang tahunnya sesuai atau tidak, kepercayaan tersebut berawal dari prasasti yang berjudul Jawa Kuno tersebut. Dari situ dipercaya bahwa Jongko Joyo Boyo (Ramalan Jaya Baya) bernapaskan Islam dan masih sinkron dengan kondisi Indonesia khususnya tanah Jawa. Khalayak lebih percaya jika beliau adalah penasihat kerajaan kala itu.

Kesimpangsiuran siapa beliau tak usah diperdebatkan. Suasana makam yang berbaur dengan ornamen candi Hindu serta puing-puing yang tersisa mungkin bisa ceritakan bagaimana kala itu Islam, Hindu, dan Buddha hidup berdampingan dalam satu kerukunan. Negara (Kerajaan) melindungi kehidupan beragama. Pasang-surut keragaman beragama juga nampak dari puing-puing yang tersisa. Menurut Pak Juari, komplek makam ini dulu merupakan hadiah dari Prabu Sri Aji Joyoboyo kepada Syech Wasil Syamsuddin atas jasanya kepada sang prabu secara pribadi dan pada kerajaan pada umumnya.

Bekas reruntuhan yang kini dibangun masjid berbahan kayu

Awal saya mengunjungi Setono Gedong pada tahun 2000-an kondisi masih regeng (asri), masjid depan masih kecil belum dibangun bertingkat seperti sekarang ini. Belakang masjid masih berupa puing-puing mirip reruntuhan candi yang batunya ditumpuk di halaman luas yang posisinya lebih tinggi dari masjid kala itu.

Di dekat gapura ini dulu ada tempayan besar

Pada masa itu masih ada tempayan besar di dekat gapura masuk, tempayan besar tersebut kini tak bisa ditemukan lagi. Komplek makam kala itu masih sempit yang diberi peneduh, sekarang lebih luas dan diberi tiang-tiang besar dari kayu jati yang menyangga atap. Pagar-pagar besi stenlis nampak membatasi antara pengunjung dengan pusara makam Syech Wasil Syamsuddin. Kini nampak lebih bersih namun terasa mengganggu barang cagar budaya tersebut.

Masjid baru yang sedang dibangun di sebelah timur masjid kayu

Ada kesan tersirat nuansa Islam lebih mendominasi dibandingkan tahun 2000-an awal saya berkunjung ke sana. 

Syech Wasil Syamsuddin lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Arab. Ada juga yang menyebutnya Pangeran Ngerum mungkin beliau berasal dari sana.

Kedatangan saya pada tahun 2000-an tersebut menjemput guru saya, Pak Suyadi Ali. Kala itu beliau diutus oleh kyai saya untuk suatu misi. Setelah misi selesai, keluarga, saudara, lingkungan, bahkan murid-murid yang diasuhnya menjauhi Pak Suyadi Ali. Mereka menganggap Pak Suyadi Ali bersalah, padahal beliau takdim kepada perintah kyainya (guru). Sampai saat itu beliau enggan kembali ingin menghilang dari khalayak. Beliau menetap di Setono Gedong hampir dua pekan tanpa mengabari siapa pun. Baru menjelang akhir pekan kedua, beliau memberi kabar kami disuruh datang ke Setono Gedong.

Kala itu putra pengasuh pondok terbesar di Kediri Gus Aklish berkunjung ke Setono Gedong. Hujan lebat disertai angin, Gus Aklish meski berjalan di kehujanan nampak tidak basah oleh derasnya hujan. Lalu masuk ke dalam masjid tetap memakai sandalnya. Ajaib, bekas tapak sandalnya tak membasahi lantai masjid. Lalu sendal tersebut dilepas ditaruh di lubang tepat di atas kepala imam.

Lalu Gus Aklish berdiri pada mimbar dengan menyetel pengeras suara maksimal. Berdoa dan berdzikir dengan pengeras suara dengan volume maksimal. Tak ada yang berani melarang kala itu. Mengetahui keanehan begitu, Pak Suyadi Ali mengajak kami masuk dalam masjid ikut makmum doa beliau dan mengamati gerak-gerik beliau.

Beliau baru duduk di mimbar ketika waktu sholat tiba. Beliau diam menunggu adzan berkumandang sampai sholat berjamaah selesai. Satu hal yang kami catat sandal milik beliau yang biasa ditaruh di kaki dan injak-injak masih berada di atas kepala imam.

“Ayo kita pulang,” ajak Pak Suyadi kala itu. Di perjalanan dijelaskan kalau peristiwa yang barusan terjadi adalah pelajaran luar biasa. Sandal yang biasanya diinjak-injak, yang biasa di tempat kotor, yang biasa dihinakan, dinajiskan, dianggap salah di tempat paling bawah suatu saatnya akan terhormat ditaruh di atas kepala imam. Luar biasa bila Allah berkehendak di makam pun penuh dengan petunjuk, bahkan sandal yang hina dina bisa menjadi pembelajaran. Pak Suyadi meski dianggap salah atau hina, mempunyai tempat luar biasa di mata guru dan Allah.

Pohon Kamboja yang berlafadz 'alif lam min

Pak Juari juga menunjukkan pohon Kamboja yang berada di dekat pintu masuk makan Syech Wasil Syamsuddin, pohon yang mirip lafadz ‘Alif Lam Mim' itu dipercaya banyak membawa keberuntungan.

“Mas ayo coba masuk... Mumpung berkunjung kesini ayo mas coba saja...” pinta pak Juhari. Akhirnya saya mencoba masuk suka melewati lubang tersebut.

“Mas biasa anak-anak atau yang akan kawin berebut masuk lubang pohon ini sambil berdoa kepada Allah apa permintaannya...” kata pak Juari setelah saya melewati lubang tersebut. Wakakakaka saya jadi terpingkal-pingkal mendengarnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline