Lihat ke Halaman Asli

Bung Suroyo

Sekretaris Jenderal Pemuda Tani Indonesia

Pemuda Tani Indonesia Mendorong Visi Swasembada Pangan Prabowo di Jawa Timur

Diperbarui: 14 Agustus 2024   12:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pidato Sekretaris Jenderal Pemuda Tani Indonesia, Suroyo, di Lamongan Jawa Timur (10/08/2024). Sumber: Genta Pangan.

LAMONGAN. Sejumlah petani dan peternak se-Jawa Timur berbondong-bondong menghadiri Gebyar dan Gerakan Nasional Tani Kemandirian Pangan (Genta Pangan) di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, pada Sabtu (10/08/2024) .


Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kesiapan swasembada pangan di Lamongan menunjukkan peningkatan signifikan. Pemerintah Kabupaten Lamongan terus berkomitmen untuk memperkokoh swasembada pangan dan mengurangi ketergantungan terhadap impor. 

Senada dengan itu, Ketua Umum Genta Pangan Nasional, Budiman Sujatmiko, akan membawa inovasi untuk mencapai Swasembada Pangan. Dalam sambutannya, Budiman Sujatmiko menekankan pentingnya peran desa dalam Swasembada Pangan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai manajemen perekonomian desa.

"Desa memegang peran krusial dalam ketahanan pangan. Kita perlu membangun sumber daya manusia dan pendidikan di desa, sesuai dengan amanat UU untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa," ungkap Budiman.

Budiman Sujatmiko juga menekankan empat aspek utama yang menentukan kemajuan suatu negara: FEED (Food, Energy, Environment, Data/Digital). "Negara yang berhasil dalam kemandirian pangan, energi, menjaga lingkungan, dan memanfaatkan teknologi digital akan menjadi negara maju. Oleh karena itu, Genta Pangan akan fokus pada sektor pangan sebagai langkah awal," pungkasnya.

Hal ini dikuatkan oleh Sekretaris Jenderal Pemuda Tani Indonesia, Suroyo. Dalam pidatonya, ia menegaskan Visi Asta Cita Prabowo-Gibran, bahwa Swasembada Pangan ditentukan oleh tercapainya produksi dan produktivitas yang berkelanjutan dari komoditas pangan. Produksi dan produktivitas pangan akan sangat menentukan.

"Komitmen ini, Pemuda Tani Indonesia dan kita semua akan mendorong dan memastikan pelaksanaannya secara nasional, seperti di Jawa Timur ini", tutur Suroyo.

Oleh karena itu, menurut Suroyo, kedepan kita tidak mau lagi petani yang mau menanam mengalami kelangkaan pupuk. Petani yang hendak bertani tidak memiliki benih unggul, serta kesulitan pestisida. Untuk itu, pemerintah berkewajiban menjamin ketersediaan dan akses yang menyeluruh kepada petani untuk pupuk, benih unggul, dan pestisida. 

"Pak Prabowo pada pemerintahan mendatang akan menjalankan program benih, pupuk, dan pestisida langsung kepada petani", seru Suroyo yang diikuti tepuk tangan riuh petani dan peternak.

Program yang juga penting untuk menopang swasembada pangan yakni makan bergizi gratis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline