Lihat ke Halaman Asli

Eko Nurhuda

TERVERIFIKASI

Pekerja Serabutan

Dongeng Tajikistan, Debutan Piala Asia 2023 yang Lolos Fase Gugur

Diperbarui: 29 Januari 2024   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Para pemain Tajikistan merayakan gol melawan Lebanon, Senin (22/1/2024) malam WIB. (Foto: Twitter/AFC Asian Cup)

TAJIKISTAN merupakan debutan di Piala Asia 2023. Alih-alih jadi tambang poin maupun lumbung gol, tim asuhan Petar Segrt justru tampil meyakinkan dan lolos ke fase gugur sebagai runner-up grup!

Pertandingan melawan Lebanon di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (22/1/2024) malam WIB menjadi penentuan nasib bagi Tajikistan. Menang berarti tetap bertahan, seri apalagi kalah berarti tersingkir.

Bukan pertandingan yang mudah untuk dijalani, sebab situasi sama juga dihadapi lawan. Hanya punya tabungan 1 poin, hasil seri saja tidak akan cukup bagi Lebanon untuk terus melaju.

Tuntutan itulah yang membuat pertandingan langsung berjalan dalam tensi tinggi sejak kick-off. Lebanon tak mau membuang-buang waktu dengan terus menekan dan mengurung lawan.

Tajikistan berusaha keras bertahan sepanjang babak pertama. Kiper Rustam Yatimov menjadi pahlawan dengan menggagalkan deretan peluang emas Lebanon.

Menit kelima masa injury time, tendangan Shervoni Mabatshoev yang berbelok arah membawa Tajikistan memimpin 1-0. Akan tetapi wasit menganulir gol tersebut, sebab Mabatshoev dalam posisi offside ketika menerima umpan.

Semenit berselang, gantian gawang Yatimov yang jebol. Sontekan melengkung Bassel Zakaria Jradi tepat di garis kotak penalti tak mampu dijangkau.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan Lebanon.

Terus Berjuang dan Menang

Dewi Fortuna agaknya sedang kesengsem pada Tajikistan. Menit ke-57, wasit Kimura Hiroyuki membatalkan kartu kuning yang ia berikan pada Kassem Al Zein, lalu menggantinya dengan kartu merah.

Sejak itu Tajikistan memegang kendali permainan. Sementara Lebanon tampak lebih memilih mempertahankan keunggulan dengan bermain defensif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline