Lihat ke Halaman Asli

Eko Nurhuda

TERVERIFIKASI

Pekerja Serabutan

Hasil PS Hizbul Wathan vs Persiba Bantul di Final Liga 3 Yogyakarta

Diperbarui: 28 Desember 2023   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Instagram/Persiba Bantul Official

LIGA 3 zona Daerah Istimewa Yogyakarta telah mendapatkan juara. Ini menyusul hasil pertandingan PS Hizbul Wathan vs Persiba Bantul di final, Selasa (26/12/2023) siang WIB.

Mentas di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, laga ini merupakan kesempatan besar bagi Persiba untuk kembali ke kasta lebih tinggi. Sudah nyaris dua dekade klub kebanggaan warga Projo Tamansari ini absen di kompetisi level teratas.

Prestasi terakhir Persiba adalah menjuarai Divisi Utama 2011, berbuah tiket promosi ke Liga Prima Indonesia (LPI). Ketika itu tengah terjadi dualisme di tubuh PSSI dan LPI menjadi kompetisi resmi menggantikan Liga Super Indonesia (LSI).

Di masa ini pula Persiba menyumbang pemain ke tim nasional Indonesia. Yakni dalam diri Wahyu Wijiastanto, sebagai penggenap perjalanan karier setelah sebelumnya sempat memperkuat timnas Indonesia U-23.

Persiba melaju ke final Liga 3 Yogyakarta 2023 usai memenangi Derbi Projo Tamansari melawan Bantul United di semifinal. Sedangkan PS Hizbul Wathan mengalahkan Duta Pro Bina Taruna lewat adu penalti.

Di partai final, Persiba lambat panas dan sudah kecolongan dua gol hanya dalam tempo 20 menit. PS Hizbul Wathan sukses memanfaatkan dua tendangan bebas yang mereka dapat untuk menjadi gol.

Gol pertama tercipta pada menit ke-5, melalui sundulan yang berasal dari freekick di sudut kiri kotak penalti Persiba. Sedangkan gol kedua lahir dari tendangan bebas langsung tepat di depan kotak penalti.

Persiba baru bisa mengancam gawang Hizbul Wathan pada menit ke-30. Namun peluang emas lewat sundulan itu masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Menit ke-33, wasit memberikan hadiah penalti bagi Persiba. Para pemain Hizbul Wathan melancarkan protes pada hakim garis karena merasa sebelumnya telah terjadi offside.

Namun wasit tak mengubah keputusan. Hukuman penalti tetap dilaksanakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline