Lihat ke Halaman Asli

Eko Nurhuda

TERVERIFIKASI

Pekerja Serabutan

Utak-atik Peluang Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Diperbarui: 15 November 2023   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arkhan Kaka dijepit para pemain Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (13/11/2023). (Foto: LOC WCU17/FAL)

BUKAN tanpa sebab saya memilih foto di atas sebagai pelengkap tulisan. Arkhan Kaka yang tengah dijepit para pemain Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (13/11/2023) lalu, sangat pas menggambarkan peluang Indonesia di Piala Dunia U-17 kali ini.

Setelah hanya bisa meraih hasil imbang dengan Panama, kini posisi Indonesia boleh dibilang terjepit. Peluang untuk lolos ke 16 Besar jadi problematik, sekalipun lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Peluang itu memang masih terbuka. Cuma ya itu tadi, seperti posisi Arkhan Kaka pada foto di atas: terjepit. Salah satu yang ikut menjepit, ya Panama juga.

LoPanama kan sekarang berada di dasar klasemen Grup A, bagaimana bisa ikut mengancam peluang Indonesia?

Betul, Panama memang baru mengoleksi satu poin hasil seri melawan Indonesia kemarin. Sebelumnya tim asuhan Michael Stump ini kalah dari Maroko 0-2.

Agar bisa lolos ke 16 Besar, Panama cuma punya satu cara: menang atas Ekuador. Nah, kalau ini jadi kenyataan, bisa-bisa Indonesia jadi satu-satunya anggota Grup A yang tersingkir.

Lo, kok bisa?

Mari kita hitung-hitungan sebentar.

Kental Aroma Eropa

Dua kali seri melawan Ekuador dan Panama, berarti poin Indonesia baru dua. Tinggal satu pertandingan tersisa untuk menambah angka dan, sialnya, itu melawan Maroko.

Kenapa saya bilang sial? Karena Maroko U-17 yang bakal dihadapi itu (1) runner-up Piala Afrika U-17 tahun ini dan (2) banyak pemainnya yang merupakan didikan klub-klub top Eropa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline