Lihat ke Halaman Asli

Eko Nurhuda

TERVERIFIKASI

Pekerja Serabutan

Messi vs Haaland, Siapa yang Lebih Layak Mendapat Balon d'Or?

Diperbarui: 20 Oktober 2023   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Trofi Ballon d'Or. (AFP/FRANCK FIFE via Kompas.com)

DAFTAR nominee penerima Balon d'Or 2023 sudah dirilis sejak pekan lalu. Kini, perdebatan mengenai siapa yang paling layak menerima anugerah tersebut mengerucut pada dua nama: Lionel Messi dan Erling Haaland.

Dua sosok tersebut menjadi calon terkuat karena capaian hebat masing-masing sepanjang musim 2022-23. Bedanya, yang satu di level klub dan satunya lagi di level timnas.

Tidak ada yang bakal memungkiri betapa luar biasanya kiprah Haaland musim lalu. Pemuda asal Norwegia itu mengukir sekian rekor mencengangkan dalam debutnya di Premier League 2022-23.

Didatangkan Manchester City dari Borussia Dortmund jelang bergulirnya musim baru, Haaland langsung menggebrak. Ia bahkan sudah mencatatkan rekor hanya dalam 5 pekan awal.

Haaland mencetak total 9 gol dalam lima partai pembuka Premier League 2022-23, menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak dalam lima pekan awal sepanjang sejarah EPL.

Capaian Haaland tersebut mematahkan catatan sebelumnya yang dipegang oleh Sergio Aguero pada musim 2016-17. Dengan demikian, torehan Haaland tadi merupakan rekor baru baik di level klub maupun liga.

Seakan belum cukup, Haaland lantas mencatatkan rekor baru lain dalam hal produktivitas. Ia menjadi pemain EPL yang paling cepat mencetak dua hat-trick, yakni hanya dalam tempo empat hari!

Setelah itu, Haaland tak ubahnya monster di dalam kotak penalti lawan. Ia menjadi top scorer musim 2022-23 dengan total 36 gol dari 35 pertandingan, lagi-lagi sebuah rekor baru dalam sejarah Liga Inggris.

Di Liga Champions pun ketajamannya tiada tanding. Putra mantan penggawa timnas Norwegia Alfie Haaland ini juga menjadi pencetak gol terbanyak, mengoleksi total 12 gol dari 11 kali bermain.

Berkat sumbangan gol Haaland, Man. City meraih treble dengan menyabet gelar juara Premier League, Piala FA dan Liga Champions. Yang terakhir merupakan titel bersejarah karena jadi yang pertama bagi The Citizens.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline