Lihat ke Halaman Asli

Eko Nurhuda

TERVERIFIKASI

Pekerja Serabutan

Kisah Suksesku di 2020: Mengembalikan Gairah Baca yang Lama Hilang

Diperbarui: 6 April 2021   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12 buku yang saya siapkan pada awal tahun 2020, untuk dibaca sepanjang tahun ini. Pada kenyataannya, saya membaca jauh lebih banyak dari ini (Gambar dokumentasi pribadi)

PADA mulanya adalah resolusi awal tahun. Saya masih ingat tanggalnya, 4 Januari 2020, ketika saya menuliskan tiga target yang ingin dicapai pada tahun ini. Ya, cuma tiga. Tapi, percayalah, kesemuanya itu bagi saya adalah target yang sangat sulit karena sudah berubahnya kebiasaan.

Ketiga target itu adalah: (1) Menulis minimal 10 post per bulan di blog pribadi, (2) Menurunkan berat badan hingga ke angka ideal, setidaknya 70kg pada akhir tahun alias hari ini, dan (3) Membaca setidak-tidaknya satu buku sebulan.

Lihat sendiri, bukan, ketiganya merupakan target yang berkaitan dengan kebiasaan. Kebiasaan untuk disiplin menulis, kebiasaan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi baik, dan kebiasaan membaca. 

Harus diakui, sudah sejak beberapa tahun belakangan saya amat jarang bahkan tidak lagi melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Maka kalau ada yang menebak resolusi tersebut gagal saya penuhi, benar sekali! Resolusi tersebut sebagai satu kesatuan memang gagal total, sebab saya rupa-rupanya masih belum bisa menulis 10 post tiap bulan di blog. Boro-boro menulis rutin, saya bahkan masih bingung menentukan niche utama blog.

Blog saya awalnya dibuat sebagai catatan pribadi. Maka isinya campur aduk tidak karuan. Ada bahasan sepak bola, resensi buku, kuliner, tempat wisata, juga sedikit current affair alias isu-isu hangat. 

Lalu saya ingin lebih spesifik, menjadikan blog tersebut mempunyai satu tema besar sebagai ciri khas. Sehingga ketika orang mendengar namanya, langsung terbayang itu blog tentang apa.

Tapi rupanya memilih niche itu bukan perkara mudah bagi saya. Bahkan ketika saya timbang-timbang secara lebih serius sejak 2-3 tahun lalu, hasilnya nihil. 

Dan ini berakibat pada malasnya saya membuat tulisan baru. Nanti saja, pikir saya, kalau sudah ketemu tema besarnya. Maka, target 10 post per bulan pun gagal.

Demikian pula dengan target menurunkan berat badan ke bobot ideal. Ini target yang selalu masuk dalam resolusi awal tahun, tapi juga yang selalu gagal dicapai. Berat badan saya tidak kemana-mana tahun ini, masih di kisaran 90-95kg.

Saya pun harus puas menghibur diri, setidaknya bobot tersebut masih di batas "aman" versi saya: tidak naik ke 100kg. Pun, terpenting saya sehat-sehat terus sepanjang tahun ini, sehingga dapat kembali membuat resolusi serupa untuk tahun depan. Hehehe.

Mengembalikan Gairah Membaca

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline