Lihat ke Halaman Asli

Eko Nurhuda

TERVERIFIKASI

Pekerja Serabutan

Gila! Sepatu Steven Gerrard Terjual Seharga Jeep Cherokee

Diperbarui: 13 November 2015   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Tawaran tertinggi dalam laman lelang sepatu Steven Gerrard di eBay, Jumat (13/11) malam WIB. "][/caption]

Saat diluncurkan pada Agustus 2014 lalu, mobil SUV mewah Jeep Cherokee dibanderol Rp 800 jutaan alias kurang-lebih Rp 800 juta. Media yang saya jadikan rujukan tidak menyebut angka pasti. Waktu itu hanya dalam waktu 45 menit saja sudah 15 orang yang membeli jeep keren tersebut.

Mahal? Namanya saja mobil, apalagi sekeren itu, pabrikan luar negeri pula, wajar-wajar saja jika harganya hanya kurang dari Rp 200 juta untuk menyentuh angka Rp 1 Milyar. Yang tidak wajar adalah jika sepasang sepatu sepak bola dihargai setara dengan Jeep Cherokee.

Tapi sepatu seharga Jeep Cherokee itu memang ada. Dan, jangan kaget jika sepatu itu adalah sepatu Steven Gerrard. Dalam lelang yang dilakukan oleh With Love from Liverpool di situs lelang eBay.co.uk, hanya dalam waktu sepekan saja tawaran tertinggi untuk sepatu Gerrard ini sudah menyentuh angka 40.200 pound!

Mari berhitung sejenak. Menurut Google, kurs Indonesian Rupiah (IDR) ke Great Britain Poundsterling (GBP) saat tulisan ini dibuat pada Jumat, 13 November 2015, adalah Rp20.890,89/pound. Biar lebih enak sebenarnya dibulatkan saja jadi Rp21.000. Tapi coba kita hitung dengan nilai tukar yang "tidak bulat" ini dulu untuk mengetahui berapa nilai 40.200 pound dalam rupiah.

Ambil kalkulator sejenak, Rp20.890,89 dikali 40.200 maka ketemulah angka... Rp839.813.927,75! Kalau dituliskan menjadi kalimat, beginilah cara membaca nominal tersebut: delapan ratus tiga puluh sembilan juta delapan ratus tiga belas ribu sembilan ratus dua puluh tujuh koma tujuh puluh lima rupiah.

Sepatu apa ini kok bisa ada yang sampai mau membayarnya seharga Jeep Cherokee?

Memang bukan sepatu biasa. Ternyata yang dilelang ini adalah sepatu yang dikenakan Gerrard di pertandingan terakhirnya di Anfield bersama Liverpool. Tepatnya partai pekan ke-37 Premier League 2014/15 pada 16 Mei 2015, saat The Reds menjamu Crystal Palace. Sebuah laga perpisahan kelabu karena skor akhirnya 1-3 untuk kekalahan tuan rumah.

Sepatu yang dilelang di eBay.co.uk tadi adalah sumbangan dari The Anfield Wrap, sebuah program podcast tentang Liverpool FC yang digawangi fan-fan LFC. The Anfield Wrap sendiri, menurut penuturan salah satu pengelolanya Andy Heaton kepada Liverpool Echo, mendapat sepatu itu dari Adidas sebagai produsen sekaligus sponsor Gerrard.

Dipakai sayang disimpan merasa mubazir, The Anfield Wrap kemudian menyumbangkan sepasang sepatu itu pada With Love from Liverpool yang tengah menggalang dana untuk pengungsi melalui Palang Merah Britania Raya. Jadilah sepatu terakhir Gerrard di Anfield tersebut dilelang di eBay.

Angka 40.200 pound masih belum final. Lelang baru akan berakhir pada 15 November 2015 pukul 18.00 GMT, jadi masih ada waktu dua hari bagi para peminat untuk mengikuti lelang. Masih ada kemungkinan harga kembali menanjak hingga entah berapa puluh ribu pound.

Sepatu Langka Plus Tanda Tangan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline