Lihat ke Halaman Asli

Trust Building - Refleksi Akhir Tahun

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

drh. Chaidir, MM

TANPA terasa, fajar 2012 telah menyingsing. Tanpa kokok ayam jantan sekali pun, fajar itu tetap akan terbit dan akan terus begitu sampai sehari menjelang dunia kiamat kelak. Sang waktu tak pernah mau menunggu. Tapi biarlah, memang begitulah adat waktu.  Manusia penghuni planet ini beruntung karena setiap kali memiliki momentum untuk introspeksi dan memperbaiki langkah ke depan. Padahal sebetulnya, untuk sebuah perbaikan tak perlulah mencari-cari instrumen, langsung saja lakukan kapan saja dimana saja. Bila kita menyadari sudah tersesat misalnya, tak perlu menunggu pergantian tahun untuk kembali ke pangkal jalan.

Tapi begitu pulalah resam manusia, selalu mencari-cari alasan, selalu berdalih-dalih. Kalau tersesat itu membawa nikmat, biarlah nanti-nati saja kembali ke pangkal jalannya. Kalau yang memabukkan itu terasa enak, biarlah dicoba sedikit-sedikit. Kan sedikitnyo (kan cuma sedikit), sekali-sekalinyo (hanya sekali-kali).

Dalam perspektif kehidupan bernegara dan bermasyarakat, tahun-tahun lalu, bolehlah disebut tahun krisis kepercayaan sosial (social trust).  Dalam suatu kesempatan seminar di sebuah perguruan tinggi negeri di Pekanbaru menjelang akhir tahun, saya selaku pembicara mencoba interaktif dengan audiens. Saya menanyakan "apakah audiens saat ini percaya kepada pemerintah kita, pemerintah daerah, DPR, DPRD, kepolisian, kejaksaaan, pengadilan?" Jawabannya sama: "tidak percaya". "Kalau begitu kalian pindah saja ke negeri antah berantah", jawab saya. Mereka semua tertawa.

Mungkin mereka tidak benar semua, tapi jelas tidak salah semua. Di sepanjang tahun-tahun lalu, kita menyaksikan pemberitaan melalui media cetak dan elektronik betapa kacau balaunya kepercayaan sosial dalam masyarakat. Agaknya benar seperti tesisnya Francis Fukuyama, masyarakat kita berada dalam tingkat kepercayaan sosial yang rendah (low trust society). Semua orang tahu tentang mafia kasus dan peradilan dalam tubuh pilar-pilar institusi penegak hukum kita. Buktinya, para petinggi institusi itu menyebut, membangun kepercayaan masyarakat adalah prioritas. Semua juga tahu korupsi yang merajalela di bawah, di atas dan di samping meja para penguasa. Rakyat juga kecewa terhadap politisi-politisi di DPR dan di DPRD yang lebih mementingkan diri sendiri, kerabat, kelompok dan partainya ketimbang memikirkan kepentingan rakyat.

Kejadian demi kejadian, satu persatu, semuanya telah meruntuhkan kepercayaan publik, termasuk dalam penyelenggaraan pemilukada. Demokrasi kita demokrasi semu, demokrasi seremonial dan simbol-simbol, belum substansial.

Oblivione sempiterna delendam, kata filsuf Cicero (44 SM). Biarlah kepedihan peristiwa masa lalu itu tenggelam dalam tidurnya yang abadi. Cicero agaknya benar. Biarlah yang buruk-buruk itu berlalu. Kita pandang ke depan.

Tak mudah memang membangun kepercayaan (trust building). Berteriak pun kita sampai ke langit mengatakan bahwa kita jujur dan kita dapat dipercaya, berbuih-buih melakukan pembelaan diri, masyarakat tak akan percaya kalau mereka sudah punya catatan. Pepatah kita benar, "Sekali lancung keujian seumur hidup orang tak percaya." Tapi pintu belum tertutup sama sekali. Gerbang tahun 2012 telah terbuka, saatnya membangun kepercayaan melalui kerendahan hati dan keteladanan.

SELAMAT TAHUN BARU

Tentang Penulis : http://drh.chaidir.net




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline