Peningkatan jumlah Sarjana menjadi tantangan terbesar pasar tenaga kerja dalam menghadapi fresh graduate. Selain itu, dunia pekerjaan memiliki satu kebiasaan yang mana tentunya melakukan rapat guna mencapai tujuan masing-masing perusahaan. Untuk mendapatkan predikat Sarjana, seorang mahasiswa tentunya harus melewati tahap penelitian.
Dan bagi seorang pekerja tentunya harus menjadi notulensi agar hasil rapat dapat disimpan dan dipertanggungjawabkan. Terlebih untuk seorang marketing, dalam memasarkan produk dan mencari peluang pasar untuk bisnisnya membutuhkan wawancara dengan para pendahulu.
Melalui latar belakang singkat diatas bahwa adanya peluang bisnis untuk penyedia jasa transkrip. Penyedia jasa transkrip dilakukan untuk mempermudah pekerjaan mereka dan mengefesiensikan waktu mereka dalam melakukan serangkaian kegiatan. Pasalnya dengan meminta tolong kepada jasa transkrip untuk hasil wawancara penelitian dan rapatnya, pekerjaan seorang peneliti maupun seorang pekerja menjadi lebih ringan.
Jadi mereka dapat melakukan kegiatan lain tanpa harus menunggu hasil transkrip. Namun dalam melakukan bisnis ini tentunya tidak mungkin jika tidak ada hambatan. Pasti ada hambatan untuk semua bisnis, namun tergantung bagaimana kita yang menghadapinya. Disini, diperkirakan bahwa permasalahan yang akan dihadapi adalah jumlah pesaing yang semakin banyak serta sumber daya manusia sebagai pekerja di Jastrip.id.
Oleh karena itu, untuk menghindari permasalahan-permasalahan tersebut, Jastrip.id menggunakan Business Model Canvas untuk dapat mengurangi permasalahan tersebut.
Business Model Canvas itu sendiri terdiri atas 9 bagian, yaitu:
1. Customer Segments
Segmentasi konsumen Jastrip.id termasuk ke dalam Mass Market yang mana fokus dan kebutuhannya relative sama. Serta segmentasi konsumen yang dituju oleh Jastrip.id adalah para peneliti dan seseorang yang bekerja sebagai notulensi rapat di suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan rata-rata seorang peneliti dan seorang notulensi membutuhkan jasa transkrip.
2. Value proposition
Value proposition yang ditawarkan adalah effective yang mana dengan menggunakan Jastrip.id, segmentasi konsumen yang dituju menjadi lebih efisien dalam memafaatkan waktunya. Kedua yaitu low price, disini Jastrip.id menawarkan harga terendah daripada pesaing. Ketiga, trusted yang mana Jastrip.id menjaga seluruh kerahasiaan wawancara yang dilakukan konsumen. Keempat adalah express yang mana pengerjaan transkrip ini sangat cepat dan kurang dari jadwal deadline. Kelima, accuration yang mana menawarkan pengerjaan transkrip dengan akurasi yang tepat sesuai dengan audio yang dikirimkan.
3. Channels