Lihat ke Halaman Asli

Bung Amas

Kolektor

Memotret Olly Dondokambey dan Vicky Lumentut

Diperbarui: 15 Oktober 2020   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olly Dondokambey (Foto: manado.tribunews.com)

Mereka yang gemar membaca akan luas jangkauan pikirannya. Menjadi futuristik, tidak parsial membaca realitas sosial dan memecahkan persoalan. Bermula dari hal tersebut salah satu metode efektif untuk proses edukasi yakni melalui belajar dari pengalaman tokoh. Figur yang kita nilai layak untuk kita belajar, mengambil dan terinspirasi dari kegigihan, keuletan langkah yang mereka lakukan. 

Baik jejak dan kiprah di bidang sosial politik, pendidikan, pemerintahan, kontribusi orang-orang yang menjadi teladan (role model) perlu kita ambil guna menambah pengetahuan sekaligus menjadi pengalaman. Mereka mengukir karirnya dengan kesungguhan. Seperti di Provinsi Sulawesi Utara kita mengenal sejumlah tokoh politik yang unggul.

Ingatan publik tentu tak dapat mengabaikan jasa mereka dalam membangunan daerah. Sosok Olly Dondokambey, SE, mantan Anggota DPR RI yang juga Gubernur Sulawesi Utara periode 2015-2020. 

Sederet nama lainnya yakni Dr. Godbless Sofcar Vicky Lumentut tergolong berkilau karir politiknya. Sampai memperoleh posisi puncak kepemimpinan publik. Bukan sekedar pemimpin keluarga yang sukses. Birokrat senior yang akrab disapa GSVL itu merupakan pensiunan dengan jabatan Sekretaris Daerah dan Wali Kota Manado dua periode ini punya rekam jejak yang berkilau.

Dalam kiprahnya di panggung politik, Olly kini masih tercatat sebagai Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan, tidak mudah mencapai posisi itu. Pria murah senyum ini dikenal tak terlalu berkutat dengan retorika politik, satu identitas yang menjadi penanda darinya adalah Olly sebagai sosok pekerja. 

Jarang bicara, tapi lebih banyak bekerja. Pemimpin adalah keteladanan, itulah slogan yang melekat pada putra Manado yang satu ini.

Begitu pula Vicky Lumentut, meski menjabat Ketua DPD Partai NasDem Kota Manado. Beliau pernah dipercayakan menjadi Ketua Umum APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), pemimpin dari para Wali Kota seluruh Indonesia. Tidak mudah menggapai posisi tersebut. 

Tentu dinilai layak, memiliki visi dan punya integritas yang kuat. GSVL menjadi sosok politisi intelektual. Segala gerak-geriknya dalam politik yang dijalankannya telah melalui pertimbangan matang.

Tak kalah pentingnya, Olly pria kelahiran Manado 18 November 1961 ini merupakan Gubernur Sulut ke-12 yang sukses mewujudkan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah. Di tangannya pembangunan Sulut kian mengalami akselerasi. Pembagunan infrastruktur berjalan mulus. 

Bukan hanya itu, Olly juga menahkodai DPD PDI Perjuangan Sulut periode 2015-2020. Pernah Wakil Ketua Banggar di Senayang DPR RI. Putra Kawanua yang satu ini dikenal juga sebagai ahli meloby, negosiator handal.

Seperti itu pula GSVL yang lahir 8 Juni 1959 betul-betul berpandangan jauh kedepan. Tipe konseptor dan pekerja. Pria kelahiran Tondano, Minahasa Provinsi Sulawesi Utara ini pernah dipercayakan memimpin DPD Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Utara. Dikenal sebagai politisi yang cerdas, pandai merangkul lawan maupun kawan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline