Lihat ke Halaman Asli

Ini Pidato Rachel Corrie Ketika Masih Kelas 5 !

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Masih ingat Rachel Corrie yang tewas mengenaskan dilindas oleh Buldozer Tentara Israel yang pura-pura tidak melihatnya ? SIlahkan baca kesaksian tentang peristiwa terlindasnya Rachel Corrie di tulisan saya sebelumnya. Saat itu dia baru berusia 23 tahun ! Bayangkan apa yang sudah dibuat oleh remaja kita diusia seperti itu terhadap masyarakat disekelilingnya ? Empati mungkin hal besar dan strategis yang tidak didapat dari anak Indonesia dari sistem pendidikan di negeri ini hehehe.. Didalam sekolah 'dihajar' dengan hard knowledge, bahkan, sepengetahuan saya, pendidikan agamanya dari SD sampai SMA masih didominasi cara melakukan ritual. Lalu, di rumah 'disikat' game, video, infotainment dan sinetron. Bagaimana negeri ini akan memiliki tunas bangsa yang memiliki empati ? Nah, saya menemukan video 'pidato' Rachel Corrie' saat masih di kelas 5. Ini isinya:

I'm here for other children I'm here because I care I'm here because children everywhere are suffering and because 40.000 people died each day from hunger I'm here because those people are mostly children We've got to understand that the poor are all around us in where we ignoring them We've got to understand that this death are preventable We've got to understand that the people in third world countries think and care and smile and.. cry just like us. We've got to understand that they are us, we are them My dream is to stop hunger by the year 2000 My dream is to get the poor are change My dream is to save 40.000 people who died each day My dream can and will come true if we are looking tothe future and see the light that shines there

Mungkin teks pidatonya ada yang membuatkan ya ? saya tidak bisa mengkonfirmasikannya. Tetapi point yang penting adalah anak seusia dia membacakan isi pidato yang seperti itu dengan raut dan cara pengucapan yang kelihatannya menggambarkan bahwa dia memang mengerti apa isi dari teks yang dia ucapkan ! Ini dia Videonya :

Terus terang saya sedih melihat video tersebut. Saya yakin pengorbanannya tidak akan sia-sia. Akan selalu ada Rachel Corrie yang lain. Walau bukan dari negeri ini hiks.. hiks.. ! Tuhan menyayangimu sista!

Salam Kompasiana (We don’t have to be a nazi or a revisionist or a Jew-hater to be critical of Israel) Jangan lupa baca Rachel Corrie Tewas Mengenaskan Karena Buldozer Israel dan :

  1. Ada Kapal Mavi Marmara Palsu! Israel Ketahuan Bohongnya?! Masak Sih ?!
  2. Aktivis Merawat Tentara Israel yang Luka Tapi 9 Aktivis Ditembak Mati!
  3. Kartu Kredit Sudah Disita Israel, Tapi Ada yang Menggunakannya untuk Belanja!
  4. Ada Video Flotilla (1 Jam) Yang Lolos Dari Israel !
  5. Respon Dr Huwaida Arraf Terhadap Israel (1)
  6. Israel Menemukan Senjata Sangat Berbahaya di Kapal Mavri Marmara!
  7. Pernah Adakah Pembersihan Etnik Palestina !?
  8. Propaganda Negatif Terhadap Israel !?



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline