Lihat ke Halaman Asli

Sebab Prabowo Dipecat

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Semua sudah tahu kalau Prabowo dipecat, bukan pensiun. Ia dipecat dengan tidak hormat dari dinas militer. Heran juga kalau dia masih berani pakai logo tiga bintang di topinya.

Sebabnya apa dia dipecat?

1. Melakukan penculikan warga negara Indonesia. Dewan Kehormatan Perwira merekomendasikan ia dipecat karena pelanggaran Sumpah Prajurit dan Sapta Marga. Tugas TNI adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia, dan bukan menghilangkannya.

2. Melakukan pembangkangan komando. Prabowo terbukti melakukan pembangkangan atasan skala berat, termasuk pengendalian pasukan yang lemah, reaksi berlebih atas arahan atasan dan melakukan pergerakan pasukan di luar komando pimpinan.

3. Tidak cakap alias bodoh. Kebodohan terbesar Prabowo adalah mengaku. Dalam tradisi militer, kalaupun kamu tertangkap melakukan aksi, tetaplah tabah untuk tidak mengaku dan membocorkan rahasia sendiri. Pengakuan Prabowo menggambarkan ketidakcakapan sebagai seorang ksatria yang hanya ditekan sedikit akhirnya mengakui perbuatannya sendiri.

Itulah sebab-sebab pemecatan Prabowo. Dalam tradisi intelijen, yang paling menggelikan adalah soal ketidaktabahan dia sehingga mengakui perbuatannya. Itu benar-benar menyakiti bawahan dan anggota pasukannya ketika pimpinannya sendiri tidak tabah dan malah membongkarnya.

Yah. Anak mama masuk tentara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline