Lihat ke Halaman Asli

Bunga Rufaida Adya

UIN Sunan Kalijaga

Cara Memaafkan Diri Sendiri

Diperbarui: 10 Juni 2023   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: alo dokter.com

Don't be too hard to yourself. Mungkin itu adalah kata yang harus lebih sering didengarkan bagi orang yang susah untuk memaafkan dirinya. Tapi, kenapa nih kok bisa ada orang yang susah maafin dirinya sendiri? Well, mungkin di masa lalu dan masa kininya, orang itu punya sebuah penyesalan, orang itu kerap merasa not good enough atau selalau aja ada yang kurang rasanya, atau mungkin karena kegagalan di masa lalu.

Lalu, How to treat yourself right? Bagaimana cara memperlakukan diri sendiri dengan baik? Menurut science, cara yang tepat untuk menghadapi diri mu sendiri ialah dengan:

  • Perlakukan dirimu seperti seseorang ketika kamu ingin menolong orang lain

Mungkin lo sering ngomong, telfon gue ya kalau ada apa-apa. Tapi, seberapa sering sih lo minta bantuan ke orang lain? Pasti nggak sesering ketika lo menawarkan bantuan kan. Sebenarnya it all make lot of sense. Karena menurut Kristen Neff, seorang professor di university of Texas mengungkapkan bahwa "Manusia pada dasarnya memiliki sistem di otak untuk merasakan simpati kepada orang lain". Memang sudah kodratnya manusia itu memiliki perasaan simpati kepada orang lain yang tinggi sehingga kita lebih sering menawarkan bantuan dan memiliki rasa ingin menolong sendiri sehingga terkadang kita lupa untuk melihatv diri kita sendiri. Oleh karena itu, Langkah awal untuk mencintai dan menghargai diri kita sendiri ialah dengan memperlakukan diri kita seolah-olah seperti ketika kita ingin menolong orang lain.

  • Mencintai diri sendiri tanpa batas

Pada ujungnya semua orang akan mempunyai kegagalan. Kekurangan itu adalah hal yang sudah pasti, penyesalan apa lagi. Kalau mencintai diri sendiri hanya ketika sukses, you're playing a game you can't win. Padahal lu nggak harus berhasil terus kok untuk dicintai diri sendiri. Cinta yang bersayarat itu akan ada ujungnya. Padahal ujung-ujungnya apapun yang terjadi, lo tetap layak untuk dicintai, setidaknya sama diri sendiri lo. Marilah melihat diri kamu seperti melihat orang lain.

point diatas adalah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk lebih menghargai, mencintai serta memaafkan dirimu sendiri. ingat, you deserve to be loved and don't be too hard to yourself.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline