Lihat ke Halaman Asli

Bunga Andini

Mahasiswi STID DI AL-HIKMAH JAKARTA

Makin Akrab Makin Tak Sopan

Diperbarui: 30 September 2021   06:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi by Bungaadnptr

Sepeti yang kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak  bisa hidup sendiri, ia membutuhkan teman dalam hidupnya entah untuk berinteraksi atau menyelesaikan masalah bersama.

Dan kita sebagai mahluk sosial pasti memiliki banyak teman bukan? Nah dari banyaknya teman yang kita miliki, kita pasti punya yang namanya teman akrab/ teman dekat / yang biasa kita sebut dengan " SAHABAT ".

Tetapi yang perlu digarisbawahi adalah terkadang semakin erat berteman maupun bersahabat, seseorang sudah jarang bahkan tidak pernah memperhatikan etika, dan sudah tidak sesopan saat bertemu pada awal pertemuan.

Coba kalian bayangin dan inget-inget deh, awal ketemu sama sahabat kalian. Ga mungkin dong kalian akan memukul kepala teman kalian atau nyubit jika tidak benar benar merasa akrab dengan dia, atau bahkan kalian tidak akan mengejek teman kalian jika tidak merasa benar-benar akrab bukan?

Nah itu dia yang menjadi masalah, karena sudah merasa akrab sudah merasa dekat kita jadi melegalkan segala tindakan kepada sahabat kita, seperti halnya di zaman sekarang ini, dikalangan anak muda khususnya.

Definisi teman akrab berubah menjadi orang yang " ahlakless" yang bisa disebut dengan gak ada akhlak. Yang intinya semakin orang yang kita sebut sahabat itu ga berakhlak atau semakin kurang ajar sama kita maka orang itu adalah sahabat kita. Dengan dalih mereka yaitu

Kalau sama sahabat mah bebas bisa jadi diri sendiri ga perlu jaim ( jaga image) 

Dari pernyataan tersebut bisa kita telisik lebih dalam lagi kalo apa adanya perilaku mereka adalah perilaku yang tidak berahlak, bukan begitu?

Contohnya adalah biasanya jika sudah merasaa akrab banget  sudah lupa dengan yang namanya salam, mungkin awal-awal kalau kirim pesan biasa pakai salam, jika sudah merasa akrab langsung saja kirim P P P kepada sahabat kita. 

Bahkan kita juga ganti salam dengan ketikan Woii!! Oi!! Cepet bales, hayooo kalian begini ga?

Yang selanjutnya sering kita jumpai bahkan secara tidak sadar kita lakukan, yaitu memanggil  nama orang bukan dengan namanya melainkan nama ejeken, misal namanya Dimas dipanggil Cungkring. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline