Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Karena TIK sangat mampu menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan di Nusantara sebab TIK mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauh (Sulaiman, 2012). Pemanfaatan TIK dalam pendidikan dapat dilakukan dengan memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran. Penggunaan TIK sebagai media pembelajaran memiliki beberapa manfaat antara lain sebagai berikut (Sulaiman, 2012).
1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis
2. Mengatasi keterbatasan jarak, ruang dan waktu.
3. Menimbulkan semangat belajar.
4. Anak berkesempatan untuk dapat belajar mandiri sesuai dengan kemampuan visual, auditori dan kinestetik nya.
5. Memberikan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan media pembelajaran sebagai alat dalam penyampaian informasi pembelajaran agar penggunaannya bisa lebih terarah dan terperinci. Media yang dapat digunakan untuk pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat melalui pemanfaatan internet dalam e-learning, serta penggunaan komputer sebagai media interaktif.
1. Komputer sebagai media pembelajaran
Menurut Arsyad (2005), komputer memiliki beberapa manfaat sebagai media pembelajaran antara lain sebagai berikut.
- Komputer dapat memberikan suasana belajar yang lebih afektif, sehingga dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran.
- Animasi grafik, warna dan musik dalam komputer dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan simulasi.
- Komputer mampu berinteraksi dengan siswa secara individual seperti bertanya dan menilai jawaban. Hal tersebut tergantung dengan tingkat penguasaan masing-masing siswa, karena bagaimanapun kendali komputer berada di tangan siswa.
- Komputer mampu merekam aktivitas siswa selama menggunakan program pembelajaran sehingga perkembangan setiap siswa dapat selalu dipantau.
- Komputer dapat digunakan untuk mengendalikan peralatan lain seperti CD interaktif, video dan lain sebagainya.
2. Pemanfaatan internet dalam pembelajaran