Lihat ke Halaman Asli

Bunda HilmaDheera

Khusnul Khotimah, S.Pd. - Guru TK Islam Al Azhar BSD

Pesantren Latihan Al Muslimun Angkatan XVI

Diperbarui: 28 Oktober 2021   23:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

PESANTREN LATIHAN AL MUSLIMUN ANGKATAN XVI

TK ISLAM AL-AZHAR BSD 2021

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan mulia yang ditunggu oleh seluruh umat muslim dunia. Begitu pula yang dirasakan oleh umat muslim di Indonesia.

Meskipun bulan puasa kali kedua ini berlangsung di tengah pandemi corona, TK Islam Al-Azhar BSD tetap ingin memberikan pengalaman bermakna pada anak-anak melalui kegiatan Pesantren Latihan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu-Jumat, 14 -- 16 April 2021. Dengan mengusung tema "My Ramadhan Journey", diharapkan peserta didik mendapatkan banyak pembelajaran tentang bulan Ramadhan dan berbagai keutamaannya.

Pesantren Latihan tahun ini berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan secara online atau virtual, di mana peserta didik melakukan seluruh rangkaian kegiatan tidak bertatap muka langsung di sekolah, namun dilakukan secara daring.

Tujuan pelaksanaan Pesantren Latihan  diantaranya meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang puasa dan ibadah lainnya serta tata cara pelaksanaannya. Dan juga memperdalam, memantapkan dan meningkatkan ajaran agama islam khususnya tentang ibadah puasa, sholat dan wudhu.

Kegiatan peslat virtual ini disambut baik dan didukung oleh orang tua. Alhamdulillah beberapa masukan membangun dan positif disampaikan orang tua murid melalui kesan pesan yang diberikan terkait pelaksanaan kegiatan peslat.

Menurut orang tua dari Ananda Agisthya Andaru Adisapotra, Bapak Rangga Adisapoetra "Kegiatan Pesantren Latihan Al Muslimun bagus dan menyenangkan. Selain Ananda diajarkan pengetahuan tentang puasa, wudhu dan shalat, Ananda juga diajak untuk membuat prakarya. Insya Allah apa yang didapat selama kegiatan bermanfaat untuk Ananda, tulisnya".

Sedangkan menurut Ibu Novie, orang tua dari Ananda Razita Clarissa, "Alhamdulillah dengan adanya pesanytren Latihan ini Clarissa mempunyai kegiatan positif dan menambah banyak ilmu agama, Clarissa senang sekali karena puasanya jadi bermakna dan banyak hal positif yang didapat. Clarissa jadi senang puasa, berinfaq, mengaji, shalat fardhu tepat waktu, sholat tarawihnya juga khusyu' dan tertib".

Semoga TK Islam AL-Azhar BSD di tahun depan dapat melaksanakan Pesantren Latihan secara tatap muka dengan kegiatan yang lebih seru, materi lebih menarik dan beragam aktifitas yang dapat membangun anak-anak menjadi lebih berkarakter dan berakhlakul kharimah.

(Khusnul Khotimah -- TK)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline