Lihat ke Halaman Asli

Tentang Proses Penemuan Kebenaran Sejati dalam Diri

Diperbarui: 28 Juni 2015   03:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Terserah orang di sekitar saya mau bilang apa, tetapi saya pribadi memilih untuk berani meyakini kebenaran pendapat siapapun yang mampu menyentuh desiran nadi pada gerakan nalar dan nurani saya, sekalipun yang berbicara anak kecil.

Saya termasuk yang meyakini sejatinya kebenaran itu menyebar, sebagaimana tebaran ayat2 Allah tertulis di alam semesta. Bahkan selembar daun yang jatuh, dia menyimpan hukum Syari'ahNya, apalagi proses yang terjadi di nalar dan hati nurani manusia yang memiliki cinta dan kasih sayang pada semua makhlukNya. Saya percaya pada setiap bentuk kebenaran yang mampu dirasakan oleh desiran nadi, karena keyakinan Sang Pemilik Kebenaran itu bisa jadi sangat dekat, lebih dekat dari denyut nadi di leher.

Buat saya semua bentuk kebaikan atas nama cinta dan kasih sayang hanya butuh logika sederhana untuk mampu menembus kebeningan hati agar nalar dan nurani meyakininya kebenarannya, maka untuk itu saya gak akan pusing dengan dalil naqlinya, dalil aqli rasanya sudah cukup buat saya. Pertanyaannya, mampukah akal kita membuat hati menghasilkan fatwa yang diterima oleh desiran nadi di gerakan nalar dan nurani dalam diri, demi menguji sebentuk dalil aqli...???

Jika belum mampu, artinya kita belum cukup mengenal potensi fitrah dari akal, hati dan jiwa dalam harmoni diri, yang menjadi sentral gerakan naluri, nalar dan nurani, di mana sistem kendali pola pikir, perilaku dan tutur kata berada. Sementara kita telah mengaku beriman. Padahal, sejatinya Iman adalah pusat pembangkit energi spiritual bagi setiap potensi fitrah anak manusia, yang mampu menjadi bahan bakar utama setiap sendi kehidupan kita.

Semoga Ramadhan kali ini memberi kita kesempatan untuk menyelam lebih jauh ke dalam pemahaman tentang inti diri, di setiap sujud yang kita tundukkan dan pada setiap lafal huruf kitabullah yang terbaca dan bergema di setiap sudut relung hati. Hingga terbangkitkan semua potensi fitrah kita lewat desiran nadi yang digerakan oleh setiap ayat2 semesta yang berhasil kita baca setiap hari...

Amiiin YRA...

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline