Lihat ke Halaman Asli

Maya Siswadi

Lecturer, Mom

Branding Indonesia Melalui Indonesia Go ID

Diperbarui: 13 Desember 2018   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pernah berpikir ga sih kalo berita tentang Indonesia harusnya hanya melalui satu pintu?

Pada 10 Desember 2018, lalu kementerian Komunikasi dan Informasi melakukan launching kembali (relaunching) portal resmi milih Sekretariat Negara. Tadinya website resmi yang mewakili wajah Indonesia ini hanya dikelola oleh Kementrian Sekretariat Negara yang kemudian diserahkan ke Kominfo untuk digarap lebih serius.

Saat ini, untuk maintenance dan pengembangan website Indonesia.go.id diserahterimakan ke Kominfo. 

Kenapa diserahterimakan? Karena Kominfo lebih paham tentang hal-hal teknissnya. Toh secara keseluruhan hampir sama, walau ada pengembangan disana sini yang dilakukan

Porta Indonesia.go.id diharapkan menjadi portal rujukan utama dalam berita. Bisa untuk pengambilan data juga, plus sebagai rujukan resmi jika ada berita-berita hoax.

Portal Indonesia.go.id juga merupakan portal yang menjadi agregator bagi portal-portal resmi lainnya. Misalnya portal pemerintah daerah, portal kementrian, atau portal instansi pemerintah lainnya.

Dengan jadi satunya semua ini, diharapkan semua berita, info menjadi satu pintu. Siapa piun yang akan mencari berita teentang Indonesia, cukup search aja Indonesia.go.id.

Nantinya, di Indonesia.Go.Id juga akan dilengkapi dengan layanan masyarakat. Menurut Menkominfo, Pak Rudiantara, dengan adanya portal Indonesia.go.id ini masyarakat bisa mengakses semua info yang benar tentang Indonesia, mulai budaya, pariwisata, berita, tokoh, ekonomi, investasi, dsb.

Jendral TNI Moeldoko, staff khusus kepresidenan menyebutkan pentingnya memasukkan unsur ipoleksosbudhankam ke dalam portal Indonesia.Go.Id. Dengan memasukkan unsur ini, ada banyak keuntungan bagi Indonesia. Dengan berita pertumbuhan ekonomi, orang yang ingin berinvestasi di Indonesia akan makin tertarik. Dengan berita sosial budaya dan pariwisata, banyak yang tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.

Nah ini dia idola saya, Prof. Rhenald Khasali, beliau menjelaskan bedanya Kampanye dan branding. Jika hanya kita yang sibuk menyiarkan berita, informasi, ini namanya kampanye. Tapi jika kita sampai dibicarakaan tanpa diminta, ini yang namanya branding. Prof Rhenaldd mencontohkan Indonesia yaang sekarang ini jadi perbincangan hangat karena suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018. Mendadak seluruh dunia membicarakan hal positif dan prestasi Indonesia. Ini yang disebut branding. Tanpa kita minta, orang lain akan sibuk membicarakan daya tarik kita, kelebihan kita. Sibuk menggunjingkan hal positif tentang Indonesia.

Ini lah yang perlu dikejar Indonesia. Portal Indonesia.Go.Id ini sangat bagus untuk menjadi sarana Branding Indonesia di mata internasional. Dan memang, salah satuu tujuan diadakannya peluncuran ini adalah untuk memperkenalkan kembali, Indonesia punya lho portal resmi yang bagus untuk diakses. Portal resmi untuk mencari berita yang benar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline