Lihat ke Halaman Asli

Bulan Mulya

Mahasiswa

Bergaul dan Beradaptasi

Diperbarui: 19 April 2023   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia adalah makhluk sosial dan sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri ia akan selalu membutuhkan orang lain. Oleh karenanya manusia harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Adaptasi merupakan penyesuaian diri dan cara atau proses penyesuaian diri pada setiap individu atau manusia berbeda-beda. Ada yang proses adaptasinya cepat, ada pula yang relative lama.

Tidak menjadi masalah, pada intinya kita hanya harus tetap melakukan penyesuaian diri. Ketika kita berpindah dari satu lingkungan ke lingkungan yang lain, berpindah tempat pekerjaan, pindah sekolah, atau misalnya dari sekolah menengah ke Universitas pastilah akan ada banyak perubahan, banyak hal-hal baru dan berbeda yang akan ditemui.

Bergaul atau beradaptasi dengan lingkungan sekitar adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan sekitar mereka, dan juga untuk memahami kebiasaan, adat istiadat, budaya, dan norma-norma yang ada di lingkungan tersebut. 

Hal ini penting karena dapat membantu seseorang merasa lebih terhubung dengan lingkungan sekitar, membangun hubungan sosial yang baik, dan menghindari konflik yang tidak perlu. Selain itu, kemampuan untuk bergaul dan beradaptasi juga dapat membantu seseorang merasa lebih nyaman dan aman dalam lingkungan baru.

Berikut merupakan cara bergaul atau beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang dapat diterapkan dalam kehidupan :

1. Bersikap terbuka

Ketika berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda, penting untuk memiliki sikap terbuka dan tidak terlalu cepat menghakimi atau menilai. Menghargai perbedaan dapat membantu kita memperluas pemahaman dan mengurangi ketegangan sosial. Dengan
bersikap terbuka, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita.


2. Belajar menerima diri sendiri

Kita harus belajar bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, ketika kita tidak bisa menerima diri sendiri maka yang ada hanya diliputi perasaan negatif. 

Ketika kita bisa menerima diri sendiri, kita akan bisa meningkatkan kepercayaan diri, menyingkirkan perasaan minder, merasa tidak dihargai, merasa tidak diterima, merasa bodoh, dan lain sebagainya. Dengan menerima diri sendiri dan mengetahui keunggulan diri, maka kita akan lebih percaya diri supayamudah bergaul dan beradaptasi.


3. Belajar memulai obrolan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline