Lihat ke Halaman Asli

Bulan Bulan

Mahasiswa

Artikel teori lev vygotsky dan piage tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 17 Januari 2025   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

"tentang Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget terkait Perkembangan Sosial dan Kognitif"

Pengantar

Perkembangan sosial dan kognitif merupakan proses kompleks yang melibatkan interaksi antara faktor internal dan eksternal. Dua tokoh penting dalam psikologi perkembangan, Lev Vygotsky dan Jean Piaget, menyajikan teori yang berpengaruh tentang topik ini.

1. Teori Lev Vygotsky

Lev Vygotsky (1896-1934) adalah psikolog Rusia yang fokus pada peran sosial dalam perkembangan kognitif. Teorinya menekankan pentingnya interaksi sosial dan bahasa dalam perkembangan anak.

2.onsep Dasar

  • Zona Perkembangan Proksimal (ZPP): Jarak antara kemampuan anak sekarang dan potensi kemampuan di masa depan dengan bantuan orang lain.
  • Mediasi Sosial: Interaksi sosial mempengaruhi perkembangan kognitif.
  • Bahasa: Alat penting dalam perkembangan kognitif.

3. Prinsip-Prinsip Perkembangan Sosial dan Kognitif

  • Perkembangan kognitif dipengaruhi oleh interaksi sosial.
  • Anak belajar melalui kolaborasi dengan orang lain.
  • Bahasa memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif.
  • Perkembangan kognitif terjadi dalam konteks sosial.

4.Teori Jean Piaget

Jean Piaget (1896-1980) adalah psikolog Swiss yang fokus pada perkembangan kognitif individu. Teorinya menekankan pentingnya pengalaman dan interaksi dengan lingkungan.

5.konsep Dasar

  • Skema: Struktur kognitif yang membantu anak memahami dunia.
  • Asimilasi: Proses mengintegrasikan informasi baru ke dalam skema.
  • Akomodasi: Proses mengubah skema untuk menyesuaikan informasi baru.
  • Ekuilibrasi: Keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi.

6.tahap Perkembangan Kognitif

  • Sensorimotor (0-2 tahun): Anak belajar melalui pengalaman sensorik dan motorik.
  • Praoperasional (2-7 tahun): Anak mengembangkan kemampuan simbolik.
  • Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak mengembangkan kemampuan berpikir logis.
  • Operasional Formal (11 tahun ke atas): Anak mengembangkan kemampuan berpikir abstrak.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline