Lihat ke Halaman Asli

Bulan Bulan

Mahasiswa

Tumbuh Kembang Anak di Era Digital

Diperbarui: 15 Oktober 2024   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak
Nonton ini tentang tumbuh kembang anak di era digital yang tak terlepas dari penggunaan teknologi. Pada usia 0 sampai 3 tahun anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setelah tahapan tersebut proses tumbuh kembang anak akan berkembang secara kontiu. Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua hal yang berbeda, tetapi selalu berkaitan dari sulit dipisahkan. Pertumbuhan merupakan perubahan yang
sifatnya dapat di ukur. Sedangkan perkembangan adalah perubahan yang semakin bertambah kemampuan dan fungsi tubuh yang tidak lebih sempurna. Perkembangan terjadi mengikuti alur yang teratur dengan proses pematangan anak. Mendidik anak di era digital orang tua harus mampu memahami ragam aplikasi yang mendidik anak dan membantu anak untuk memakainya dengan baik serta mengawasi penggunaan media informasi tersebut.

Kata kuncinya: pendidikan anak di era digital

PENDAHULUAN
     Orang tua memiliki peran penting dan tanggung jawab yang sangat penting terhadap keluarga. Setiap orang tua ingin anaknya menjadi orang yang memiliki kepribadian yang baik. Keluarga adalah lingkungan sosial pertama yang ditemui anak untuk melihat dan menikmati dunia. Interaksinya dengan orang tua dan lingkungan dalam keluarga menjadi pengalaman yang nantinya akan membentuk interaksi anak dengan orang lain. Hubungan anak dengan orang tua dan keluarga merupakan hubungan pertama yang ditemui anak hubungan anak dengan orang tua dan anggota keluarga lainnya dapat dianggap sebagai suatu sistem yang saling berinteraksi melalui sikap dan pola hidup orang tua terhadap anak akan memberi pengaruh pada anak baik secara langsung maupun tidak langsung.
     Perkembangan zaman yang semakin canggih serba modern, orang tua diutus untuk lebih ekstra hati-hati dalam menjaga membimbing memperhatikan tumbuh kembang anak. Supaya anak tidak terjerumus dalam dampak negatif dari perkembangan zaman. orang tua harus dapat memahami dan mengikuti perkembangan teknologi supaya dapat membimbing dan mengarahkan anak ketika menggunakan teknologi tersebut. Karena dalam setiap teknologi mempunyai dampak positif dan negatifnya.

PEMBAHASAN
1. Tumbuh kembang anak secara umum
     Pertumbuhan adalah perubahan fisik yang dengan mudah dapat diukur. Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh menjadi lebih kompleks. Pertumbuhan ialah terjadinya perubahan yang bersifat kuantitatif, yang dapat diukur. Titik beratnya ada pada fisik. Pertumbuhan anak Anda bisa dipantau dengan pengukuran tinggi badan lingkar kepala berat badan dan ukuran a n g standar yang telah disepakati secara internasional.
    Pertumbuhan dan perkembangan anak dapat dipengaruhi banyak faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang terjadi pada anak bisa meliputi jenis kelamin usia perbedaan ras genetik dan kromosom. Adapun faktor eksternal terdiri dari keadaan lingkungan sosial nutrisi ekonomi dan simulasi psikologis perkembangan anak sudah menjadi bidang ilmu yang luas dan kompleks.
     Perkembangan manusia mempunyai tiga dominan utama pertama perkembangan fisik yaitu perubahan terhadap ukuran postur tubuh penampilan kemampuan monoris persepsi serta kesehatan fisik kedua perkembangan kognitif yakni perubahan dalam kemampuan intelektual seorang yang didalamnya meliputi ingatan pengetahuan akademis dan sehari-hari pemecahan masalah imajinasi kreativitas dan bahasa.
     Ketiga dominan utama perkembangan tersebut setiap tahapan usia akan memiliki perbedaan sesuai dengan tahapan-tahapan yang dilaluinya.
1. Masa bayi dan balita 2 tahun pertama pada fase ini bayi memiliki perkembangan fisik tumbuh kembang bayi sangat cepat tiap bulannya baik pertambahan berat badan maupun panjang badan
2. Masa kanak-kanak awal usia 2 sampai 6 tahun. Berdasarkan teori kognitif piaget maka perkembangan kognitif pada masa kanak-kanak awal disebut pra operasional dan suatu tahapan yang berlangsung antara usia 2 sampai 7 tahun pada tahapan ini lagi menjadi dua bagian yaitu umur 2 sampai 4 tahun umur 4 sampai 7 tahun.
3. Masa kanak-kanak PR tengahan usia 6 sampai 11 tahun kanak-kanak usia sekolah melanjutkan pertumbuhan lambat dan teratur yang mereka perlihatkan di usia kanak-kanak awal akan tetapi sekitar pada usia 9 tahun anak perempuan mulai tumbuh lebih cepat dibanding laki-laki.
4. Masa remaja transisi menuju dewasa perubahan rubertas bersifat dramatis dalam beberapa tahun tubuh seorang anak usia sekolah berubah sepenuhnya menjadi tubuh orang dewasa proses hormonal genetik mengatur pertumbuhan beserta anak perempuan yang lebih maju dalam kematangan fisik sejak masa kehamilan rata-rata mencapai masa puberta 2 tahun melalui mendahului laki-laki.
2.  Tumbuh kembang anak di era digital
      Perkembangan teknologi sekarang semakin pesat yang menjadikan semuanya serba digital, sehingga secara langsung maupun tidak langsung perkembangan teknologi dapat mempengaruhi terhadap bahaya hidup dalam kegiatan sehari-hari baik di rumah ataupun di tempat kerja dapat dipastikan semua aktivitas tidak terlepas dari penggunaan barang-barang elektronik penggunaan elektrolit tersebut dapat mempermudah pekerjaan dan mendapatkan informasi dari luar serta mendapatkan hiburan melihat hal tersebut menunjukkan begitu pentingnya perang digital dalam kehidupan sehari-hari.
     Perubahan teknologi mekanik dan elektronik analog teknologi digital dimulai tahun 1980. Teknologi mengalami perkembangan lahirnya komputer, lahirnya ponsel ( seluler) situs jejejaring, sosial.
     Bakat kemajuan teknologi berbagai perangkat elektronik yang dulu beragam, sekarang telah makin terintegrasi dengan ukuran yang makin kecil. Smartphone misalnya,    GPS, handphone, telepon, MP3 player, kamera, televisi. Bahkan dapat untuk mengakses internet dan menyambung ke media sosial seperti Facebook Twitter Google plus Instagram dan sebagainya.
     Ciri ciri geresi digital:

1. Identitas generasi digital membuat akun di media sosial untuk membuktikan keberadaan diri mereka.
2. Privasi generasi digital cenderung lebih terbuka blak-blakan dan berpikir lebih efektif.
3. Kebebasan berekspresi generasi ini cenderung ingin memperoleh kebebasan dalam segala hal selalu ingin memegang kendali dan susah untuk diatur hidupnya.
4. Proses belajar dalam proses pembelajaran generasi digital ini selalu mengakses dengan Google atau menggunakan mesin pencari lainnya kemampuan belajar generasi digital lebih cepat karena segala informasi mudah diakses.
PENUTUP
     Perkembangan manusia mempunyai tiga dominan utama pertama perkembangan fisik kedua perkembangan kognitif dan ketiga perkembangan emosional dan sosial yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah dari keluarga sekolah dan masyarakat serta kelompok usia kelompok sejarah dan kelompok non normatif.
     Sebagai orang tua dari generasi digital harus menambah pengetahuan tentang teknologi dan mampu memahami berbagai aplikasi yang mendidik sehingga dapat memantau mengarahkan dan membimbing anak terhadap penggunaan teknologi supaya tidak terjerumus terhadap dampak dari kecanggihan teknologi tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline