Memasuki era modern seperti sekarang, hampir semua aktivitas menggunakan tekhnologi. Perkembangan Tekhnologi ada diberbagai sektor kehidupan masyarakat ,tidak terkecuali dibidang Pendidikan. Perkembangan tekhnologi membuat dunia Pendidikan beradaptasi dengan canggihnya tekhnologi saat ini. Hal ini melahirkan beberapa inovasi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran bermakna bagi siswa.
Mata pelajaran matematika sering kali dianggap sebagai subjek yang sulit dan membosankan oleh sebagian orang. Namun, dengan perkembangan tekhnologi,ada cara yang lebih menarik untuk belajar matematika, salah satunya melalui MathCityMap . MathCityMap adalah palatform pembelajaran matematika berbasis lokasi yang memberikan pengalaman belajar unik dan menyenangkan. Penggunaan aplikasi MathCityMap (MCM ) ini salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa sekaligus membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan. MathCityMap menggunakan aplikasi android/iOS dengan berbasi GPS dan membutuhkan jaringan internet untuk penggunaanya
Platform MCM ini akan menuntun peserta didik untuk terjun langsung terhadap permasalahan matematika yang realistik.Siswa juga dapat menambah pengetahuannya akan budaya sekitar. Sehingga pada konteks pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) MCM dapat diyakini menjadi langkah jitu dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan bernalar siswa serta meningkatkan semangat belajar dan meminimal kebosanan
Langkah -- langkah Aplikasi MathCityMap (MCM ) sangat sederhana. pertama guru dan siswa Mengunduh aplikasi MathCityMap (MCM ) dari playstore. Selanjutnya guru membuat trail yang akan menjadi titik permasalahan akan diselesaikan oleh siswa. Sebelum siswa mengerjakan tugas yang ada pada trail, guru harus turun kelapangan untuk memfoto objek,membuat pertanyaan membuat petunjuk, mengukur membuat solusi penyelesaian serta membuat trail yang akan diakan diujikan kepada siswa. Pembelajaran matematika menggunakan MathCityMap (MCM ) juga menuntun guru mempersiapkan materi pembeljarannya dengan baik optimal. Ketika peta trail sudah terunduh pertualangan siswa dengan cara menjawab pertanyaan permasalahan matematikapun dimulai .siswa memilih titik/tempat dalam peta menyelesaikan permaslahan dan memainkan permainan dalam pembelajaran.
Dalam lingkungan MathctyMap, siswa diundang untuk berkolaborasi dalam menyelesaiakan tantangan matematika dan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan problem solving, tetapi juga meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar siswa . Dengan menggunakan pembelajaran matematika melalui MathCityMap, kita bukan hanya membuka pintu dunia matematika yang menarik, tetapi juga mempersiapkan generasi mendatang mengahadapi tantangan dengan keterampilan yag diperlukan.
Dengan demikian MathCityMap bukan hanya merupakan alat tetapi juga pendekatan pembelajaran matematika yang mendororng siswa untuk menjelajahi, menciptakan,dan membawa matematika dalam setiap aspek kehidupan mereka. Menjadi pertualangan yang mengisnpirasi rasa ingin tahu dan kegembiraan belajar sepanjang hidup
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H