Lihat ke Halaman Asli

Monitor Radio Twitter 1: Penggunaan Klout

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gara-gara postingan menarik Miss Indonesia 2011: Popularitasnya di Twitter, linimasaku jadi ramai. Sampai-sampai @nonawiina ngetweet “Aduh gara² @bukik jd penasaran @klout itu apa ya? *gaptek*”. Akhirnya demi kebaikan umat manusia (ho oh lebay emang), aku tulis posting ini. Twitter bisa di ibaratkan sebagai radio. Ada berbagai tujuan yang dapat kita raih dalam menggunakan twitter, bisa sekedar kesenangan, membangun jaringan hingga menjadi seorang influencer. Kalau mau mengembangkan radio twitter kita, ada 7 jurus yang bisa dilakukan. Pertanyaannya, bagaimana kita memonitor keberhasilan jurus yang kita gunakan? Skor Klout Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk memonitor perkembangan radio twitter kita. Tapi sejak setahun yang lalu, aku lebih suka dengan Klout.com. Simpel, visualnya intuitif, dan gratis tentunya. Sekarang, Klout dalam format baru tapi masih versi beta. Apa itu Skor Klout? (Buka contekan dulu ya teman, di What is the Klout Score? ) Skor Klout adalah ukuran total pengaruh online kita. Rentang skor 1 – 100, semakin besar skor berarti semakin besar pengaruh suatu akun pada follower. Skor Klout di tentukan berdasarkan 3 komponen: True Reach, Amplification Probability, dan Network Influence. Sebelum kita kupas (apelnya….) satu-satu komponen itu, kita simak dulu manfaat dan aplikasi dari skor Klout ini. Manfaat Skor Klout 1. Personal Branding. Skour Klout membantu kita mengetahui seberapa kuat personal brand kita di kenal oleh follower dan dikenal ahli dalam bidang apa. Melihat profil Klout, kita bisa tahu kesesuaian, kekuatan dan pengakuan personal brand kita. Bagaimana melihat manfaatnya? Dibawah ini ada dua personal brand yang kuat yaitu @Pandji dan @Nukman.

@Nukman - Nukman Luthfie

@Pandji - Pandji Pragiwaksono

Pertama yang perlu dilihat adalah Skor Klout, @Pandji skornya 80 dan @Nukman skornya 75. Skor 75 berarti akun mampu menciptakan percakapan dan tindakan para followernya. Skor 80 berarti akun mampu menciptakan jaringan yg kuat dan luas melalui content yang terpercaya. Akun yang hanya sekedar ngetweet biasanya skor Klout-nya maksimal 45. Kedua yang perlu dilihat adalah Klout Style, @Pandji dan @Nukman sama-sama sebagai Thought Leader. Artinya, ide keduanya dipercaya dan diikuti oleh para follower, bahkan menjadi tempat rujukan atau bertanya tentang topik terkait. Ketiga, faktor yang perlu dilihat adalah Influential About, yang berisi topik-topik yang terkait dengan suatu akun. Akun @Pandji diyakini Klout berpengaruh pada 3 kata kunci utama: musik, selebriti dan demokrasi. Akun @Nukman diyakini Klout berpengaruh pada 3 kata kunci utama: social media, media dan blogging. Bagaimana menilai efektivitasnya? Apakah kata kunci yang diyakini Klout itu sesuai dengan value personal branding sebuah akun? Menariknya kata kunci ini bisa diverifikasi oleh para follower melalui fasilitas yang disebut +K. Bisa juga kita hapus bila tidak sesuai dengan value yang ingin kita tampilkan. Buat yang berminat membangun personal brand, silahkan cek sendiri ketiga hal itu di Klout.com. 2. Pemilihan Influencer/Endorser Brand. Skor Klout membantu manajer marketing media sosial memilih influencer bagi produk atau brandnya. Cara paling mudah yang sering dilakukan adalah melihat jumlah follower. Padahal sebagaimana dibahas di Miss Indonesia 2011, popularitas belum cukup memadai sebagai kriteria pemilihan. Apa yang perlu diperhatikan?

Profil Utama Klout @Bukik

Faktor  yang perlu diperhatikan sebenarnya sama dengan 3 faktor di personal. Pertama, Skor Klout disarankan memilih akun yang minimal 50 sebagai buzzer. Skor 50 berarti akun aktif menyebarkan content yang mendorong terjadinya sebuah diskusi.Semakin tinggi skor ini maka semakin besar pengaruhnya pada jejaringnya. Faktor kedua yang perlu diperhatikan adalah Klout Style. Klout membagi menjadi 16 style. Ada 8 style yang disarankan untuk dipilih sebagai influencer yaitu Taste Maker, Celebrity, Thought Leader, Pundit, Socializer, Networker, Activist dan Specialist. Mengapa? Karena ke-8 style itu aktif menciptakan content dan cenderung konsisten. Faktor berikutnya yang perlu dilihat adalah Influential About. Faktor ketiga ini masih kecil porsinya dalam menentukan influencer karena masih dalam tahap pengembangan. Intinya, apakah ada kejelasan kata kunci yang sering ditweetkan oleh sebuah akun dan bagaimana kata kunci itu terkait dengan value dari sebuah brand. Ngomong-ngomong, kalau melihat profil akun @Bukik diatas, sudah pantas kan jadi influencer? *siapsiaptandatangan 3. Bermain Twitter. Beberapa orang yang berkarakter pemain games menggunakan skor Klout sebagai bagian dari permainan. Perhatikan contoh ini:  I have a little Klout score competition going with my girlfriend, so now that I know the secret recipe, I can out Klout her!” (Engineering Influence) Kalau sudah baca ulasan ini, semua bisa ikut bermain ngetweet dengan menggunakan Skor Klout. Yuk bermain (hehehe) Nah begitu manfaat dari Skor Klout. Selanjutnya akan dibedah komponen dari Skor Klout. Walau ada 7 Jurus Kembangkan Radio Twitter Kita, pemahaman akan komponen Skor Klout akan lebih memudahkan untuk meningkatkan Skor Klout Kita. Simak di posting berikutnya. Berapa Skor Klout Anda? Apa Skout Style Anda? Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline