Lihat ke Halaman Asli

AHN Pelopori Geliat Baru Pengobatan Tradisional Indonesia

Diperbarui: 7 Desember 2015   12:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Asosiasi Herbalis Nusantara - Pengobatan Tradisional Indonesia"][/caption]Awal abad 20 menjadi titik balik berkembangnya pengobatan tradisional Indonesia yang dulu sempat mengalami keterpurukan. Masyarakat mulai sadar dan berbondong-bondong untuk membumikan "budaya back to nature".

Banyak alasan yang me latar belakangi hal itu. Selain kurang puasnya masyarakat terhadap performa medis yang ternyata belum sepenuhnya mampu menjadi solusi kesehatan, rupanya masyarakat sekarang mulai sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan memanfaatkan tanaman serta bertumpu pada keseimbangan alami tubuh.

Lebih jauh lagi, karena informasi sudah sangat mudah didapat, masyarakat pun mempunyai banyak wacana mengenai bagaimana memperoleh kesehatan secara menyeluruh, atau yang dalam istilah modern disebut dengan prinsip “Holistik” dalam penyembuhan.

Prinsip kesehatan “Holistik” itulah yang sekarang ini sedang gencar dikampanyekan oleh AHN (Asosiasi Herbalis Nusantara). AHN merupakan salah satu organisasi Herbalis terbesar di Indonesia yang sangat konsen dalam bidang pelestarian dan pemanfaatan tanaman obat Indonesia.

Banyak ramuan herbal dihasilkan. Banyak pula yang sudah merasakan manfaatnya. Bahkan, sekarang ini AHN sudah meluncurkan sebuah aplikasi khusus yang berisi kumpulan Tanaman Obat Indonesia yang bisa Anda download secara gratis di Google Play Store.

Atau Anda juga bisa mendapatkannya secara mudah di situs resmi AHN, herbalisnusantara.com. Dengan memiliki aplikasi tersebut, maka Anda bisa lebih mudah mengetahui jenis, manfaat dan bagaimana pemanfaatan masing-masing tanaman obat Indonesia secara tepat.

 

Meng-Edukasi Masyarakat Tentang Prinsip "Holistik"

Tidak hanya itu, AHN juga melakukan pelatihan bagaimana cara memanfaatkan tanaman obat secara tepat dan memberikan pemahaman baru tentang bagaimana penyembuhan secara medis dan tradisional (alternatif) bisa saling mendukung. Pelatihan ini sudah berlangsung di berbagai kota besar seluruh Indonesia.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap, maka tidak jarang pula AHN bekerjasama dengan Dokter dan praktisi medis lainnya semisal Perawat dan Bidan untuk memberikan pemahaman baru tentang pengobatan kepada masyarakat.

Selain masyarakat umum, tidak jarang pula peserta dari pelatihan itu adalah praktisi dari berbagai teknik pengobatan alternatif seperti EFT, bekam, Ruqyah, akupunktur, acupressure dan lain sebagainya. Tentu, Anda juga bisa mengikuti pelatihan pengobatan herbal tersebut.

Dua tahun belakangan ini, AHN benar-benar menjadi Pelopor geliat baru pengobatan tradisional Indonesia. Banyak hal yang sudah dilakukan untuk melestarikan dan mengembalikan kejayaan pengobatan tradisional Indonesia. Meski begitu, semuanya belumlah cukup. Partisipasi dan dukungan Anda sangat dibutuhkan.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline