Lihat ke Halaman Asli

Ulasan Lengkap Seputar Penyakit Gagal Ginjal Kronis & Cara Penanganannya

Diperbarui: 27 Oktober 2015   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gagal Ginjal Kronis – Tahukah Anda bahwa saat makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh, ada satu organ yang bekerja sangat berat demi kesehatan tubuh Anda? dia adalah ginjal. Jika ginjal mengalami kegagalan fungsi, maka bisa dipastikan tubuh Anda akan penuh dengan racun.

Karena sangat pentingnya organ ginjal dalam tubuh kita, maka sudah selayaknya kita memperhatikan dan menyayanginya. Dengan cara apa? Ya dengan cara ya dengan cara tidak memaksanya bekerja terlalu berat. Artinya, sebaiknya Anda menghindari konsumsi berbagai makanan mengandung pengawet, khususnya fastfoor dan minuman bersoda dan alkohol.

Hal di atas setidaknya bisa mengurangi kerusakan pada ginjal Anda. Anda bisa terlindungi dari serangan penyakit gagal ginjal kronis yang sangat berbahaya.

 

Apa Itu Penyakit Gagal Ginjal Kronis?

Jenis penyakit yang satu ini sangat perlu Anda ketahui. Ya, bagaimana bisa menghindari jika Anda tidak mengetahui suatu bahaya penyakit.

Penyakit gagal ginjal kronis (chronic kidney disease/CKD) adalah kondisi dimana fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Status CKD berubah menjadi gagal ginjal ketika fungsi ginjal telah menurun hingga mencapai tahap atau stadium akhir.

Gagal ginjal kronis termasuk jenis penyakit yang umumnya baru dapat dideteksi melalui tes urin dan darah. Gejalanya yang bersifat umum membuat pengidap penyakit ini biasanya tidak menyadari gejalanya hingga mencapai stadium lanjut dan benar-benar parah.

CKD stadium lanjut umumnya mengalami gejala: sesak napas, mual, kelelahan, mengalami pembengkakan pergelangan kaki, kaki, atau tangan karena terjadi penumpukan cairan pada sirkulasi tubuh, sesak napas, serta munculnya darah dalam urine.

Pemeriksaan darah dan urin secara teratur setiap tahun sangat disarankan bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit gagal ginjal kronis.

Jika Anda mengalami keluhan tekanan darah tinggi, mempunyai riwayat diabetes dan memiliki riwayat keluarga pengidap penyakit gagal ginjal kronis, maka resiko akan semakin tinggi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline