Lihat ke Halaman Asli

Amanda Ratnasari

Mahasiswi di Universitas Pamulang

Hal yang Wajib Dilakukan agar Masa Mudamu Tidak Sia-sia

Diperbarui: 8 Juli 2023   00:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Seperti yang kita ketahui, masa muda hanya datang sekali. Kita tidak bisa mengulanginya lagi karena masing-masing dari kita hanya diberikan satu kali kesempatan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk menikmatinya. Saat kita memahami bahwa masa muda kita tidak dapat diulang, kita akan semakin menyadari betapa berharganya setiap momen yang kita miliki. 

Dalam artikel ini, akan membahas pentingnya menghargai dan memanfaatkan masa muda serta memberikan tips dan saran untuk membuat masa muda kita menjadi fase yang bermakna dan produktif serta menjadi tidak sia-sia.

Rata-rata dilema masa muda setiap orang meliputi tiga hal, yaitu uang, energi dan waktu. Pada masa muda, kita mungkin memiliki banyak waktu dan energi, tetapi kurang memiliki uang. 

Saat beranjak menjadi dewasa, kita mungkin memiliki energi dan uang, namun kekurangan waktu akibat kesibukan dalam pekerjaan, pengembangan diri, membentuk keluarga dan hal-hal lainnya. Ketika memasuki usia tua, kita mungkin memiliki uang dan waktu, tetapi kekurangan energi untuk menjalankan aktivitas yang membutuhkan keaktifan fisik. 

Dalam hal ini, kebanyakan dari kita tidak memiliki ketiga hal tersebut secara bersamaan dalam periode yang sama. Namun, ketiga hal tersebut merupakan faktor yang sangat penting untuk setidaknya diketahui karena bisa menjadi pedoman dalam mengarahkan apa yang harus dilakukan pada setiap tahap usia. 

Jika kamu masih muda dan memiliki banyak waktu luang, inilah saat yang tepat untuk mengambil langkah-langkah membentuk masa depan yang sukses dan membangun fondasi yang kokoh untuk hidup yang penuh makna.

Berikut adalah enam hal yang dapat kamu lakukan untuk tidak menyia-nyiakan masa mudamu:

1. Mencoba Hal-hal Baru yang Positif Setiap Harinya

Tujuan utama dari mencoba hal-hal baru yang positif setiap harinya adalah bukan hanya sekedar untuk mencari pemasukan melainkan untuk mengembangkan diri serta menemukan passion yang tepat. Misalnya kita ingin mencoba belajar memasak, memahami coding, belajar bahasa asing atau melakukan olahraga baru setiap harinya.

Hal ini sangat bermanfaat untuk membangun modal dasar ketika memasuki dunia kerja. Dengan ini juga, kita bisa terhindar dari pemikiran-pemikiran seputar hal apa yang sebenarnya kita sukai, apa yang akan menjadi pekerjaan kita nanti dan sebagainya yang bisa saja hanya menjadikannya sebuah penyesalan jika ternyata selama itu masih belum menemukan passion hidup yang sesuai dengan apa yang kita mau. Jadi, jangan lewatkan kesempatan masa muda kalian untuk berani mencoba hal-hal positif yang baru ya!

2. Kembangkan Skill-skill

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline