Lihat ke Halaman Asli

Kuliah di Singapura

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kuliah di Singapura memang menjadi impian banyak orang.  Demi mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih maju, Singapura memang menjadi salah satu Negara primadona bagi para calon pelajar di seluruh dunia. Bahkan Singapura sendiri telah berhasil menjadikan sederet nama kampus negeri di Singapura yang telah berhasil mendapatkan peringkat baik secara internasional. Sistem pendidikan yang bagus dan didukung dengan berbagai media pembelajaran yang modern, menjadi faktor keberhasilan dalam melahirkan SDM yang berkualitas.

Ada beberapa informasi penting yang perlu anda simak sebelum anda memutuskan untuk kuliah di Singapura;

a.Ada sistem yang menarik dari Negara yang satu ini yaitu melalui sistem ikatan dinas bagi setiap calon mahasiswa. Melalui sistem ini mahasiswa diwajibakan untuk bekerja dulu selama 3 tahun setelah masa kuliah selesai. Jika anda berminat dengan sistem ini maka anda boleh mengambil tawaran yang disebut dengan tuition grant dengan biaya sekitar SGD 6.500 setiap tahunnya. biaya ini lebih murah dari pada anda tidak mengambil program ini yang mana biayanya mencapai SGD 20.000 maksimal per tahunnya.

b.Ketika  anda berencana untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, sebaiknya anda mulai memeprsiapkan TOEFL sebagai persyaratan memasuki universitas di sana.

c.Hal lain yang perlu anda pertimbangkan adalah masalah biaya, beberpa diantaranya adalah biaya akomodasi, makan, listrik, dan beberapa kebutuhan di universitas lainnya.

d.Sampai saat ini beberapa universitas negeri di Singapura telah mampu mencapai peringkat yang baik diantara ratusan universitas yang ada di dunia.

e.Sedangkan untuk universitas swasta yang telah memenuhi persyaratan berhak untuk mendapatkan keinstimewaan seperti halnya surat pernyataan bebas jaminan deposito untuk siswa internasional. Selain itu uiversitas swasta juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan promosi ke luar negeri secara gratis dan masih banyak yang lainnya.

Beberapa informasi hanyalah sekilas tentang hal-hal yang mungkin anda hadapi ketika menjalani proses penyeleksian menuju universitas di Singapura. Bagaimanapun juga kuliah di Singapura memang menjadi pilihan anda. Melalui segala konsekuensi yang ada, setiap pelajar yang hendak belajar di universitas tetap menjadi impian dan kebanggaan demi mewujudkan hidup yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline