Lihat ke Halaman Asli

Budi Saputra

Guru SMA Al Azhar Syifa Budi Pekanbaru

Sharp Indonesia, Jalan Terang Produk dan Lestarinya Bumi

Diperbarui: 15 Mei 2023   13:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: pixabay.com

Kemajuan di berbagai lini kehidupan Tanah Air hari ini, telah memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas terbaik. Mulai dari lingkup keluarga, hingga lingkup kehidupan sosial masyarakat, kita dimanjakan oleh berbagai alat-alat elektronik atau alat-alat teknologi muktahir yang dihasilkan oleh berbagai perusahaan. 

Salah satu perusahaan yang terkenal menghasilkan  produk elektronik terbaik adalah PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) atau lebih dikenal dengan sebutan Sharp Indonesia. Perusahaan  yang berdiri pada tahun 1970 ini, sejatinya adalah pengembangan sayap atau ekspansi bisnis dari Sharp Corporation  yang berdiri di Jepang pada tahun 1912.

Dalam membangun imperium dan ekspansi bisnisnya, Sharp Indonesia jelas memiliki berbagai perhitungan yang matang.  Selama 53 tahun berdiri dengan nilai luhur kreativitas dan kejujuran, Sharp Indonesia telah memproduksi  jutaan  unit produk seperti mesin cuci, kulkas, AC, televisi, dan lain sebagainya. Bahkan perusahaan yang dipimpin Shinji Teraoka ini,  menorehkan  tinta emas sejarah atas raihan fenomenal di tengah masa pandemi lalu. Di mana  kala itu, Sharp Indonesia berhasil menembus angka 10 juta unit produksi mesin cuci  per Juli 2021. Adapun  awal perjalanan produksi mesin cuci Sharp di Indonesia, dimulai pada tahun 2008 di Pulogadung, Jakarta Timur.

Raihan Sharp Indonesia dalam memproduksi alat-alat elektronik terbaik, tentu saja  berbanding lurus dengan penghargaan yang membanjiri perusahaan yang mengusung konsep Super Green Factory ini. 

Melalui  CSR yang berkonsep CARES  (Creativity, Attention, Recovery, Earth & Sincerity), Sharp Indonesia fokus memberikan perhatian pada bidang pendidikan, sosial, kesehatan, dan lingkungan. Bahkan terkhusus di bidang lingkungan, maka sejak mengusung konsep Takumi yang ditandai dengan berdirinya pabrik Sharp Takumi Factory di Karawang tahun 2013, jalan terang Sharp Indonesia untuk peduli pelestarian lingkungan  makin terbuka lebar. Hal ini bisa dilihat dari didirikannya komunitas Sharp Greenerator pada tahun 2015. 


Green Marketing untuk Merawat Bumi 

Selama 53 tahun mengibarkan panji perjuangan, Sharp Indonesia  terus bertransformasi dan berinovasi dalam menciptakan produk terbaiknya. Untuk mencapai semua itu, maka dalam pandangan saya, boleh jadi selain memakai konsep Super Green Factory, Sharp Indonesia memegang teguh nilai Green Marketing dari segenap ekosistem bisnisnya. 

Sharp Indonesia tidak saja  sekedar menghasilkan produk dan meraup keuntungan semata. Tapi lebih dari itu, Sharp  Indonesia adalah pioner dalam upaya menjaga dan merawat bumi yang dimulai dari konsep individu yang sadar lingkungan, pabrik ramah lingkungan, produk ramah lingkungan, hingga program-program CSR yang peduli  lingkungan.     

Sumber: pixabay.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline