Lihat ke Halaman Asli

Pandemi Covid-19, Saatnya Manfaatkan Teknologi dengan Optimal

Diperbarui: 15 Agustus 2020   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini, menurut Ahli Kebijakan Sains Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dudi Hidayat membawa hikmah yang besar bagi dunia sains.

"Ada fakta menarik di sini, bahwa ternyata di tengah pandemi ini, Indonesia mampu menghasilkan sejumlah inovasi, yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan," kata Dudi dalam acara webinar yang diselenggarakan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) dan SISJ Indonesia; Ilmuwan Merespon Pandemi, Sabtu (25/7/2020) lalu.

Seperti diketahui Kementerian Ristek dan Teknologi telah mengkonsolidasikan pendanaan yang kemudian diwujudkan dalam memobilisasi para ilmuwan di Indonsia melalui konsorsium riset dan inovasi Covid-19.

Perubahan permanan akan terjadi di dunia kerja yakni kemampuan bekerja secara mandiri, kolaborasi, dan literasi secara digital.

"Ini akan berdampak pada bagaimana kita mempersiapkan generasi berikutnya," katanya.

Dengan perubahan stabilitas di dunia kerja yang juga berorientasi mengembangkan sektor kewirausahaan. Dia menyatakan para murid nantinya akan tertantang untuk mencari penghasilan secara mandiri melalui berwirausaha setelah menyelesaikan pendidikannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan bahwa pihaknya masih terus menggodok formula penyederhanaan kurikulum pendidikan jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline