Lihat ke Halaman Asli

Budiman

Penulis ⦁ Mubaligh ⦁ Guru

STIBA Makassar Gelar Dauroh Syar'iyah Bertema Sifat Salat Nabi Perspektif 4 Mazhab

Diperbarui: 19 Juli 2023   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dauroh STIBA Sifat Shalat Nabi (sumber: dokpri)

Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar kembali mengadakan kegiatan Daurah Syar'iyah dengan mengangkat tema "Sifat Salat Nabi Perspektif Empat Mazhab" pada Ahad, (16/07/2023).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini merupakan kolaborasi dengan DPW dan Muslimah Wahdah Wilayah Jawa Tengah, dan diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Ustaz Elan Kurniawan, S.H., M.Kn. selaku Ketua DPW Wahdah Islamiyah Jawa Tengah, menekankan pentingnya kehadiran para kader dalam kegiatan ini sebagai bekal dalam memberikan pencerahan kepada umat.

"Pemahaman para imam mazhab mengenai sifat salat Nabi sangatlah penting bagi kita, para kader dan dai Wahdah Islamiyah. Dengan pemahaman yang baik, kita diharapkan mampu memberikan pencerahan tentang sifat salat Nabi dengan melihat perbedaan pandangan dari empat mazhab ulama," ungkapnya.

Ustaz Rustam Koly, Lc., M.A., Ph.D. sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut menegaskan bahwa memahami sifat salat Nabi dari perspektif empat mazhab seharusnya membuat kita lebih terbuka dalam menerima perbedaan.

"Perbedaan pandangan imam mazhab dalam memahami sifat salat Nabi seharusnya tidak membuat kita tertutup dan fanatik terhadap pandangan kita sendiri. Sebaliknya, kita seharusnya bersikap lapang dada dan menghargai perbedaan tersebut," tegas dosen STIBA Makassar tersebut.

Dalam materinya, ustaz Rustam secara rinci menjelaskan sifat salat Nabi mulai dari niat hingga salam, serta perbedaan yang ada menurut empat imam mazhab.

"Sifat salat Nabi menurut empat mazhab ada yang berbeda dan ada juga yang sama, berdasarkan riwayat yang diterima oleh masing-masing mazhab. Tugas kita adalah mengamalkan ibadah salat sesuai dengan pendapat yang kita yakini dari empat mazhab tersebut," paparnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan peserta semakin semarak dengan adanya sesi tanya jawab yang membahas secara mendalam tentang sifat salat Nabi dan berbagai permasalahan yang terkait.

Di akhir acara, panitia pelaksana juga memberikan doorprize kepada tiga peserta terpilih yang aktif mengikuti kegiatan hingga berakhir. Semoga kegiatan Daurah Syar'iyah ini memberikan manfaat dan semakin memperkuat pemahaman umat terhadap sifat salat Nabi dalam bingkai perspektif empat mazhab ulama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline