Lihat ke Halaman Asli

Budiman

Penulis ⦁ Mubaligh ⦁ Guru

Apa Sih Manfaatnya Gabung di Suatu Komunitas? Kaum Introvert Wajib Baca

Diperbarui: 13 Juni 2023   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Sumber: programminglibrarian.org)

Meski saya orang yang bertipe pendiam dan kurang bersosial, kata orang introvert, saya tetap upayakan untuk bergaul. Memang agak sulit sih awalnya, tapi lama-lama akan terbiasa juga. Karena mau bagaimana pun, kita ini makhluk sosial yang sangat membutuhkan keberadaan dan bantuan orang lain. Pokoknya banyak manfaat yang saya dapatkan setelah bergabung di sebuah komunitas, misalnya:

Jiwa Sosial Makin Terasah

Bergabung dengan sebuah komunitas membuat saya bisa berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat dan tujuan yang sama denganku. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan sosialku, seperti kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi, dan bekerja sama dalam tim. Terutama kalau lagi ngerjain kegiatan yang sifatnya berkelompok, duh kerasa banget emosionalnya.

Nambah Pengetahuan dan keterampilan Baru

Komunitas seringkali menyediakan pelatihan, seminar, atau workshop untuk anggotanya. Hal ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita dalam bidang tertentu. Saya pribadi gabung di sebuah komunitas literasi bernama Forum Lingkar Pena. Di sana saya dapat banyak banget pengalaman dan pengetahuan seputar kepenulisan. Alhamdulillah saat ini udah nulis 2 buku.

Bikin Mental makin Kuat 

Bergabung dengan komunitas dapat membantu kita merasa lebih terhubung dan diterima oleh orang lain. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi risiko depresi dan kecemasan.  Di komunitas, kita bisa curhat bareng, sharing penglaman positif dan kisah inspiratif sesama anggota.

Berpeluang Ningkatin Karir 

Komunitas seringkali memiliki jaringan yang luas dan dapat membantu anggotanya dalam mencari pekerjaan atau kesempatan karir lainnya. Karena seringnya ketemu sesama anggota, kita juga sering berbagi informasi seputar bisnis dan karir. Bahkan tidak sedikit para anggota lebih memprioritaskan sesama anggota ketika melakukan perekrutan atau rekomendasi lowongan kerja karena udah punya rasa percaya.

Meningkatkan Rasa Memiliki dan Tanggung Jawab

Bergabung dengan komunitas dapat menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri. Perlahan mengikis sifat egois. Sebab setiap anggota memang dipercayakan memegang amanah pada program tertentu, yang tidak lain manfaatnya ditujukan untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline