Lihat ke Halaman Asli

Budiman

Penulis ⦁ Mubaligh ⦁ Guru

Heboh Adanya Suporter Bayaran di Piala Dunia 2022 Qatar, Bolehkah?

Diperbarui: 19 November 2022   15:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Piala dunia 2022 (Sumber: www.aljazeera.com)

Warganet dihebohkan dengan berita adanya suporter bayaran pada piala dunia 2022 di Qatar. Sebagaimana dilansir dari tribunnews.com (17/11/2022) bahwa memang benar adanya pihak Qatar melakukan hal tersebut. Tak lain tujuannya adalah untuk memeriahkan penyelenggaraan piala dunia 2022.

Sejumlah media menyebutkan bahwa suporter tersebut berasal dari Inggris dan Wales berjumlah 80 orang. Masing-masing suporter bahkan diberi uang saku dan biaya akomodasi.

Lalu bagaimana ketentuan yang berlaku dalam aturan FIFA? Bolehkah tuan rumah penyelenggara pertandingan menyewa suporter dengan tujuan mensukseskan pertandingan? 

Sejauh ini tidak ada aturan secara khusus dari FIFA yang melarang sebuah tim menyewa suporter bayaran. Sehingga dapat dipahami bahwa perbuatan tersebut sah-sah saja selama tidak merugikan pihak tertentu. 

Keberadaan para suporter bayaran tersebut juga sama seperti para artis yang disewa atau bintang tamu yang dibayar untuk memeriahkan sebuah kegiatan. Mengingat pembukaan piala dunia tinggal beberapa jam lagi. Yang terpenting adalah bagaimana suporter tersebut dapat mengikuti aturan yang berlaku. Yakni dapat menjaga kondusifitas dan tetap disiplin. Tidak fanatik berlebihan hingga membuat kericuhan dan kerusakan fasilitas.

Bagaimana menurutmu, setuju dengan hal tersebut?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline