Bisa jadi artikel yang sudah ditayangkan jadi lebih bagus, andai memanfaatkan hasil percakapan dengan chatGPT. Lebih menyeluruh dan padat.
Akhirnya tulisan ditayangkan di Kompasiana pada 15 Desember 2022 memperoleh sematan Artikel Utama. Tulisan berjudul "15 Faktor Penentu agar Bisnis Kuliner Tahan Lama" itu memuat beberapa gagasan, dalam rangka membangun usaha makanan minuman:
- Membuat konsep
- Memahami peluang dan persaingan pasar.
- Lokasi dan perizinan.
- Selera.
- Produk berkualitas.
- Bikin ciri khas.
- Membuat kalkulasi.
- Biaya produksi, menentukan harga jual, target market, proyeksi keuangan, dan seterusnya.
- Menyediakan peralatan cukup.
- Berpromosi.
- Menyusun sistem dan prosedur pengoperasian.
- Fokus kepada usaha.
- Tepat dalam pendelegasian.
- Memiliki jiwa melayani.
- Evaluasi.
Naskah tersebut merupakan hasil pengamatan dan pengalaman pribadi. Minim referensi. Maka Anda akan membaca berbagai kekurangan yang luput dari perhatian saya.
Sekarang saya akan mengujinya melalui percakapan ChatGPT. Kecerdasan buatan ini adalah satu model yang dikembangkan agar dapat berinteraksi dengan pengguna.
Saya akan berdialog dengannya setelah mengubah pernyataan menjadi pertanyaan, apa saja faktor penentu yang diperlukan agar bisnis kuliner tahan lama?
Tidak pakai lama, ChatGPT menuliskan jawaban, sebagai berikut:
Ada beberapa faktor yang penting untuk memastikan bisnis kuliner dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, antara lain:
- Kualitas produk dan layanan: Kualitas makanan dan minuman yang disajikan serta pelayanan yang ramah dan profesional adalah faktor kunci untuk menjaga pelanggan tetap datang kembali dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.
- Inovasi menu: Selalu mengembangkan menu dan menyesuaikan dengan tren kuliner terbaru dapat membuat bisnis Anda tetap relevan dan menarik bagi pelanggan.
- Konsistensi: Menjaga konsistensi dalam kualitas produk, rasa, dan layanan sangat penting untuk membangun citra positif dan kepercayaan pelanggan.
- Manajemen keuangan yang baik: Memiliki manajemen keuangan yang baik dan efektif dapat membantu bisnis Anda bertahan dalam jangka panjang.
- Pemasaran yang efektif: Pemasaran yang efektif dapat membantu bisnis Anda menjangkau pelanggan potensial dan membangun citra merek yang kuat.
- Lokasi strategis: Memilih lokasi yang tepat sangat penting dalam bisnis kuliner, karena dapat membantu memaksimalkan jumlah pelanggan yang dapat dijangkau.
- Manajemen operasional yang efisien: Efisiensi dalam operasional bisnis dapat membantu mengurangi biaya produksi dan meningkatkan keuntungan.
- Staf yang terampil dan terlatih: Mempunyai staf yang terampil dan terlatih dalam mengoperasikan bisnis kuliner dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan, dan membantu membangun citra positif untuk bisnis Anda.
Wow! Ternyata isi jawaban ChatGPT komplit. Penjelasan lebih lugas. Tidak mbulet, dibanding pembahasan serupa di artikel saya.
Malahan, makhluk pintar ini menambahkan perihal inovasi menu, yang membuat bisnis kuliner relevan dan tetap menarik bagi pelanggan. Bagian ini meleset dari perhatian saya.