Lihat ke Halaman Asli

Budi Susilo

TERVERIFIKASI

Bukan Guru

Begini Cara Mengakali Lokasi Bisnis Kuliner Nyempil: Kasus Kedai Kopi dan Mi Ayam

Diperbarui: 8 Januari 2022   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi cafe yang lokasinya ada di tengah sawah. Sumber: Kompas.com

Tidak ada petunjuk. Tidak ada tulisan yang menyatakan bahwa tempat itu menyediakan kopi enak. Lokasinya pun menyempil di sebuah ruko tepi jalan.

Bagaimana tidak menyempil? 

Ia hanya berupa meja tempat memanaskan dan meracik kopi, menggunakan dua tabung dan saringan berukuran besar. Setelah mengamati lebih dekat baru terlihat tulisan kopi Gayo di bagian depan meja.

Meja itu sendiri terletak di bagian depan. Tidak menonjol. Pikulan soto gaya Jawa Timur di sebelahnya jauh lebih menarik.

Meracik kopi menggunakan dua tabung dan saringan besar (dokumen pribadi)

Tempat penjualan kopi Gayo seduh dan soto itu berada di salah satu bangunan dari deretan ruko yang menjorok ke dalam. Bagian ini merupakan halaman parkir kendaraan.

Di depan tidak tersedia papan nama atau petunjuk yang mengundang calon pembeli untuk berkunjung. Kebetulan saja saya sedang berjalan kaki di sekitar, sehingga melihat tulisan di bangunan bagian atas.

Baca juga: Taburan Serundeng Membuat Soto Ayam Ini Terasa Istimewa

Sulit bagi pengendara yang melintas untuk menandai tempat tersebut. Apalagi di kanan kiri barisan tujuh ruko itu terdapat tembok penghalang pandangan.

Bisa jadi pembeli soto dan kopi merupakan pelanggan atau pengunjung ruko lain yang terdiri dari: rumah makan Chinese Food, apotek, kantor distributor, klinik gigi. Dua bangunan lainnya kosong.

Saya memesan secangkir kopi Gayo pakai susu seharga Rp 8 ribu. Relatif murah, menimbang tempat nyaman dan cukup bagus. Rasanya pun enak. Mungkin lain kali saya akan mencoba kopi Gayo saja. Tanpa susu. Tanpa gula.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline