Lihat ke Halaman Asli

Budi Susilo

TERVERIFIKASI

Bukan Guru

Ini 3 Cara Membuat Minyak Goreng di Rumah

Diperbarui: 17 November 2021   07:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi membuat minyak goreng oleh christopher1710 dari pixabay.com

Sekian hari lalu. Pada sebuah warung penjualan makanan jadi, sambil mencomot sepotong tahu goreng sutera, saya bertanya harganya.

"Masih tetap seribu," tukas wanita pemilik warung.

"Gak naik? Bukankah harga minyak goreng melangit?"

Ilustrasi tahu goreng oleh focusonpc dari pixabay.com

Wanita berbadan subur itu hanya menghela napas. Ia tidak menaikkan harga jual olahan, kendati harga bahan seperti minyak goreng melonjak. Demikian pula dengan telur, harganya kembali merambat naik setelah sempat anjlok.

Khusus minyak goreng, kenaikan harga dipengaruhi oleh terganggunya pasokan minyak nabati dunia. Selain itu, terimbas oleh menurunnya produksi crude palm oil (CPO) Malaysia sebesar 8-9 persen. Faktor lain, konon, akibat ketergantungan produsen minyak goreng pada harga CPO global. (Selengkapnya di kompas.com).

Ah, sudahlah. Itu menjadi pe-er besar bagi Kementerian terkait agar mampu "menyelamatkan" industri minyak goreng dari belitan fluktuasi harga CPO dunia.

Bagi kita, rakyat kecil pengguna minyak goreng mesti menyiasati meroketnya harga. Antara lain, memasak tanpa minyak seperti mengukus, merebus, memanggang (di atas bara api/wajan teflon, atau dalam oven), dan cara-cara lain. 

Baca juga: Dikukus dan Dipanggang: Ayam Utuh Isi Segala Daun nan Enak

Bisa juga menggunakan alternatif lain untuk menumis dan menggoreng dengan, semisal minyak zaitun, canola, jagung, bunga matahari, kelapa dan sebagainya.

Artikel ini tak hendak mengulas kiat memasak tanpa minyak, juga bukan menawarkan siasat menggoreng dengan menggunakan alternatif minyak jenis lain; akan tetapi cara membuat minyak goreng di rumah, yakni minyak kelapa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline