Lihat ke Halaman Asli

Dinamika Proses Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan

Diperbarui: 7 Januari 2024   19:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ESSAY

DINAMIKA PROSES PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Dosen Pengampu: Hamidaturrohmah, S.Psi., M.Pd.

Disusun Oleh:Budi Winarti Fitriyaningrum & Dini Arianti

 

 

DINAMIKA PROSES PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

 

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan usaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Agar nilai Pendidikan tertanam maka diperlukan adanya sebuah karakter. Karakter menjadi bagian penting dalam kurikulum Pendidikan di Indonesia sejak tahun 2013. Kondisi ini dipicu oleh keadaan bangsa Indonesia yang dipenuhi dengan berbagai macam kasus sosial yang mengarah pada hilangnya bentuk moral manusia (Tutuk ningsih, 2015).

Pendidikan karakter merupakan suatu kewajiban, karena dinilai mampu menjadikan peserta didik menjadi cerdas, memiliki budi pekerti dan sopan santun sehingga peserta didik bermakna sebagai anggota masyarakat baik bagi dirinya sendiri maupun masyarakat secara umum dan luas. Pendidikan karakter yang bermoral dan berbudi pekerti luhur dituang dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PPKn yang dilaksanakan ditiap jenjang sekolah (Ervina anatasya, 2021).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline