Lihat ke Halaman Asli

Tips Mengatasi Ide yang Tiba-tiba Hilang Saat Akan Menulis

Diperbarui: 7 April 2016   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

 

Hal seperti judul tulisan ini mungkin banyak dialami sobat kompasianer disini, tidak terkecuali saya. Tulisan ini saya tulis berhubung juga ada salah seorang sobat yang bertanya kepada saya mengenai masalah yang sering dihadapinya.

Masalahnya yaitu susah sekali ingin memulai menulis saat ide yang sudah disiapkan tiba-tiba buntu dan hilang. Akhirnya diputuskan untuk menunda menulis. Tapi hal seperti itu terus berulang dan waktunya pun banyak terbuang untuk menunda-nunda dalam menulis. Padahal konsep yang dipikirkan sudah banyak dan numpuk tapi susah untuk dituangkan dalam tulisan.

Memang, tidak dipungkiri setiap orang pasti mengalami hal serupa, saya pribadipun sering mengalaminya. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas bagaimana solusinya mengatasi ide yang tiba-tiba hilang saat akan menulis.

Penyebab ide tiba-tiba hilang

Terkadang saat kita merasa berada di waktu yang tepat untuk menulis kita mengalami kebuntuan ide atau tiba-tiba saja kehilangan ide untuk menulis. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang sering mengganggu konsentrasi. Faktor-faktor yang sering mengganggu tersebut adalah sebagai berikut :

1.    Faktor Mental

Faktor mental seringkali menjadi penyebab hilangnya konsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan, salah satunya menulis.

Kondisi mental yang tidak baik atau biasa disebut bad mood dapat membuat semangat untuk menulis langsung menurun drastis. Hal ini sangat tidak baik jika kita remehkan, karena sesuatu yang dikerjakan dalam bad mood memberikan ahsil yang tidak bagus juga.

2.  Faktor Kesehatan

Penyebab kedua kita tidak bisa fokus dalam menulis adalah fackor kesehatan. Kondisi tubuh yang tidak fit sangat tidak dianjurkan untuk melakukan aktifitas berat, termasuk menulis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline