Lihat ke Halaman Asli

Penulisan Etnografi

Diperbarui: 8 April 2016   23:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Salam hangat untuk pembaca saya di kalah ini,di tulisan saya kali ini saya ingin membahas yang namanya etnografi ntah dari mana saya harus memulai nya karena saya juga bingung dengan tulisan kali ini tetapi saya dapat menyimpulkan dan mulai memahaminya karena berkat teman saya dan kelompoknya yang sudah mempresentasikan hasilnya di kelas pada saat pertemuan antropologiyang lalu,insya Allah tulisan ini dapat dimengerti oleh teman teman dan saya sendiri umumnya karena klo kita berpikir tentang apa itu etnografi tentu sangat asing lahh bagi kita untuk mengetaui apa itu etnografi dan apa saja yang di bahas pada etnografi? Akan tetapi jikalau kita sudah mengetahui apa itu etnografi kita akan semangat dan akan sedikit penasaran kelanjutan dari ilmu etnografi itu sendiri karena berdasarkan kesimpulan saya sendiri etnografi juga tidak lepas dari kebudayaan manusia itu sendiri.

Okeh lanjut ke tulisan saya yang sebenarnya dan apasih kesimpulan hasil dari etnografi itu sendiri?

Mulai dari pengertian etnografi itu sendiri adalah: etnograf sendiri berasal dari kata ethos yaitu suku atau bangsa dan graphein yaitu tulisan atau uraian. Dan secara sederana juga sendiri etnografi  merupakan sebuah tulisan  tentang etnis tertentu,yang biasanya di tulis oleh seorang antropolog. Tulisan ini sangat dikaji dan di teliti dengan baik-baik karena tulisan seperti ini memakan waktu yang cukup lama bisa bulan bahkan bertahun lamanya dan tulisan ini harus di teliti juga menggunakan sebuah telitian  dilapangan, kemudian merupakan gaya khas sehingga pada perkembangannya kemudian etnografi  dianggap sebagai metode.

Tulisan-tulisan etnografi yang terkenal seperti

-malinowski yang menulis tentang masyarakat trobriand

- evans –Pritchard tentang masyarakat nuer

-geerts tentang islam di jawa,

                Namun pada perkembangan selanjutnya ,sebuah metode ,enografi maju dengan pesat di bawah antropologi mendunia sebagaimana yang antara lain disebutkan di atas. Dan metode etnografi sendiri  akan banyak mengalami perkembangan yang bertahap.

Kemudian etnogarfi juga memiliki unsur

-sistem ekonomi

-sistem religi

-bahasa

-religi

-kesenian

-organisasi sosial

-sistem pengetahuan

 

Sekian terima kasih dan mohon maaf




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline