Lihat ke Halaman Asli

Membedah Surat AFC Mengenai Persipura di LCA

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Akhir-akhir ini di berbagai media digelontorkan asumsi “berandai-andai” dari barisan kubu KPSI mengenai keputusan AFC yang mengikutsertakan Persipura dalam laga play-off Liga Champion Asia yang sedianya digelar pada 16 Februari 2012 di Hindmarsh Stadium, Adelaide, melawan sang tuan rumah Adelaide United FC. Tentu saja ini sesuai pesenan si “pemangku” kepentingan nich jek, siapa lagi kalau bukan penyandang dana di KPSI. Apalagi kalau bukan mengenai Persipura tampil di LCA artinya ISL legal dqan diakui AFC. Sungguh sangat menggelikan bila kita menyimak statemen seperti ini menghiasi di banyak media, bahkan sampai-sampai sering ditampilkan di publik agar opini masyarakat terbentuk dengan sendirinya mengakui ISL memanglah legal (karepe mBilong). Daripada berandai-andai nggak jelas gitu, mending gue investigasi membedah surat AFC yang memutuskan mengikutsertakan Persipura di play-off LCA musim ini.

AFC Champions League 2012 Play-off

Adelaide United & Persipura Jayapura - jadwal dan format kompetisi.
Kami ingin menginformasikan bahwa Komite Kompetisi AFC telah memutuskan hal-hal sebagai berikut:

1. Pemilihan Venue
Komite menyetujui bahwa pertandingan playoff LCA antara Adelaide United dan Persipura Jayapura akan dimainkan pada 16 Februari 2012 di Hindmarsh Stadium, Adelaide. Pertandingan akan dimulai pada 19.30 waktu setempat.
2. Format Kompetisi
Komite menyetujui bahwa pihak yang kalah pada pertandingan playoff LCA antara Adelaide United dan Persipura Jayapura tidak akan masuk ke babak penyisihan grup AFC Cup, yang dengan demikian akan mempertahankan jadwal yang sudah ada dan integritas dari kompetisi AFC Cup. Pihak yang kalah pada pertandingan playoff LCA akan keluar dari kompetisi klub AFC 2012 dan pihak yang menang akan berpartisipasi pada babak penyisihan grup LCA 2012.
3. Keputusan Akhir oleh CAS
Komite menyetujui bahwa jika Persipura Jayapura lolos ke babak penyisihan grup LCA dan nantinya didiskualifikasi karena putusan akhir CAS (yang mungkin bertentangan dengan putusan sela) sebelum 6 Maret, Adelaide United akan menggantikan Persipura Jayapura untuk berpartisipasi pada babak penyisihan grup LCA.

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

Daripada ngelantur mirip orang yang gelagapan, mending gue bedah aja sekalian poin-poin yang dapat ditelaah dari surat AFC kepada PSSI mengenai keikutsertaan Persipura di ajang LCA musim ini :

1. Komite Kompetisi AFC telah membuat putusan terkait dengan Persipura di LCA, putusan tersebut berdasarkan berbagai pertimbangan yang terjadi saat ini (gugatan di CAS)

2. Pertimbangan tersebut adalah putusan sela Panel CAS dan schedule playoff yang harus segera dimainkan. Dan dengan dua pertimbangan tersebut AFC memutuskan:

3. Persipura memainkan laga Playoff melawan Adelaide FC tanggal 16 Februari 2012 dengan ketentuan khusus

4. Ketentuan khusus tersebut adalah laga hanya dilangsungkan satu kali,

5. Tim yang kalah tidak dimasukkan ke ajang AFC Cup, karena schedule regulasi di AFC Cup sudah fit.

6. Keputusan poin no.5 adalah merujuk pada poin no.2, kedua tim (Adelaide & Persipura harus menerima)

7. Jika ada Putusan Final CAS yang ternyata berbeda dengan putusan sela maka…

8. Hasil playoff memungkinkan berubah jika putusan Final CAS berbeda dengan putusan sela (jika Persipura yang menang playoff)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline