Lihat ke Halaman Asli

Qomar & Joni: Malam 1 Suro

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

Malam Minggu kali ini yang bertepatan dengan malam 1 Suro (asline penulisan: 1 Sura) Qomar dan Joni kebagian tugas malam. Kedua polisi nyentrik ini harus begadang di Polres, sementara polisi lain kebanyakan bertugas di lapangan (di jalan maksudnya, bukan di lapangan sepakbola). Sambil ngopi, mereka berdua terlibat obrolan yang sangat menarik, apalagi kalau bukan mengenai malam 1 Suro, malam yang sangat disakralkan oleh masyarakat Jawa. Banyak sekali cerita mistis yang berkembang di masyarakat, bahkan tentang malam 1 Suro inipun sempat diangkat dalam sebuah film layar lebar.

"Jon, malam 1 Suro gini, elu merasa serem gak?", tanya Qomar kepada Joni.

"Ya sebenarnya serem juga sich Mar, kita kan baru aja dipindahtugaskan disini. Kalau dulu sich kita enak tugas di kota besar, ini sekarang kita di kota kecil yang masyarakatnya banyak yang kepercayaan mistisnya masih mengakar kuat", jawab Joni sambil bergidik karena merasa diingatkan Qomar tentang malam 1 Suro.

"Ya bukannya gitu Jon, masa sich kita harus takut terhadap yang beginian. Kita tuh harusnya takut kepada Sang Pencipta", kata Qomar menimpali.

"Ngeri aja Mar kalau ngebahas yang beginian, elu kan tau kalau gue rada keder ngehadapin yang berbau mistis kaya' gitu", ujarnya sembari melengos. Dia pun segera mengambil kopi dihadapannya dan kemudian menyeruputnya, berharap hangatnya kopi akan membuat pikirannya jadi melupakan hal-hal mistis yang dipancing-pancing Qomar dalam obrolan tadi.

"Hahaa, oke dech gue gak akan cerita hal mistis yang banyak berkembang di masyarakat sini saat malam 1 Suro. Ehh, tapi elu udah pernah nonton film yang Malam 1 Suro itu kan?", meski sedikit memberi ketenangan, ternyata Qomar kembali memancing emosi Joni yang emang terkenal rada penakut ini.

"Aaaaah elu ngeledek aja bisanya, mending ngomongin yang lain keq", mulai frustasi si Joni mendengar ocehan rekan sejawatnya itu.

"Tapi emang bener loh Jon, film Malam 1 Suro tuh sangat bagus. Alurnya menegangkan, banyak adegan-adegan tak terduga yang menyeramkan sekaligus mengejutkan", timpal Qomar.

"Ah males denger ocehan lu. Gue aja yakin film itu gak bagus"

"Kenapa elu berpikir kalau film Malam 1 Suro itu gak bagus?", tanya Qomar.

"Ya pokoknya gak bagus", jawab Joni singkat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline