Lihat ke Halaman Asli

20 Tips Menyembelih Qurban yang Baik dan Benar

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

Sebentar lagi udah pagi dan kita yang muslim siap-siap buat shalat ied. Elo jangan pada nanya ke gue "Eh gan, ente tidur di deket kandang kambing buat jagain kambing, kenapa masih sempat-sempatnya openmic gitu sich?". Iya berhubung tadi malem gak ada acara Stand Up Comedy dan diganti dengan takbiran, makanya gue sempetin buat openmic sekarang. Pesan moralnya apa? Yang jelas tugas gue jagain kambing, lah elo yang nyimak openmic gue, artinya elo semua gue jagain (huuuuuuuu). Sabar, sabar, sabar jek. Elo jangan ngelemparin gue gitu dong, emangnya gue setan, elo anggep ini kaya' lempar jumroh dalam prosesi haji gitu? Kalo lempar cendol sich gue mau, asal jangan bata merah aja jek.

Oke, buat persiapan ntar, gue coba akan kasi elo tips-tips yang mungkin berguna buat elo di hari Idul Adha ini, dan gue harap ntar elo menerapkan tips dari gue ini dengan sebaik-baiknya, meski gue juga tau bahwa kelakuan elo itu jarang ada baik-baiknya.

20 TIPS MENYEMBELIH HEWAN QURBAN YANG BAIK DAN BENAR (versi Bubup Prameshwara, SH)

1. Pastikan hewan yang elo sembelih itu berkaki empat, jangan sampai elo kaget ketika akan menyembelih ternyata cuma punya dua kaki. Elo mau nyembelih hewan atau orang sich!

2. Saat menyembelih jangan lupa baca "bismillahi allahu akbar", bukannya baca Yasin, ntar malah dikira tahlilan. Gak lucu kan kalo ntar orang-orang pada pasang bendera kuning karna ngira elo lagi tahlilan.

3. Jauhkan handphone dari kambing, takutnya ntar si kambing malah update status di facebook dulu sebagai pesan terakhirnya sebelum disembelih. Apalagi kalau kambingnya tuh 4L4y, makin repot aja ntar elo ngebaca statusnya.

4. Kalo elo akan menyembelih sapi, pastikan itu sapi yang seneng dengerin lagu-lagunya Metallica, karena menurut pengalaman banyak orang, sapi yang bagus adalah sapi metal. Tapi inget, jangan nyari sapi yang suka dengerin lagu-lagunya Anthrax, emang lo mau sapi anthrax?

5. Tugas menyembelih kambing mending jangan lo kasih ke atlet pelatnas Sea Games. Karna atlet tugas nya buat meraih medali emas cabang lempar lembing, bukan lempar kambing.

6. Setelah selesai disembelih, sebaiknya kambing/sapi dikasih tinta pemilu biar gak ada kejadian para hewan mempunyai "hak sembelih ganda". Soalnya nanti KPU (Komisi Penyembelihan Umum) malah jadi repot ngurus gugatan sana-sini.

7. Pastikan kambing dan sapi elo taruh di area yang aman dan gampang terpantau, soalnya kalau ntar dia kabur ke Kolombia, elo malah repot buat live streaming via skype.

8. Kalau milih sapi, elo jangan milih sapi yang gemuk banget jek. Takutnya itu sapi gelonggongan dari lumpur lapindo. Daripada ntar elo sendiri yang repot buat nyusun area terdampak lumpur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline