Lihat ke Halaman Asli

BSI KC Tangerang Ciputat

Bank Syariah Indonesia

Bagaimana Ketentuan Alur Akad Ijarah Pada Bank Syariah Indonesia? Yuk Simak Infonya!

Diperbarui: 31 Maret 2023   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Ciputat - Bank Syariah Indonesia merupakan bank di Indonesia yang bergerak dalam bidang perbankan syariah. Bank Syariah Indonesia merupakan hasil merger dari Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRISyariah.

Bank Syariah Indonesia memegang prinsip yang kuat dalam mendasari segala produk dan kegiatan perbankan yang dipunya. Pada Bank Syariah Indonesia ada beberapa ragam jenis pembiayaan syariah. Salah satunya dengan skema Ijarah. Akad ini mirip dengan prinsip jual beli, namun berbeda pada objek transaksinya. Dalam pembiayaan syariah Akad Ijarah juga memiliki ketentuan.

Ketentuan pertama Bank Syariah Indonesia bertindak sebagai pemilik dan/atau pihak yang mempunyai hak penguasaan atas objek sewa baik berupa barang atau jasa, yang menyewakan objek sewa dimaksud kepada nasabah sesuai kesepakatan. Ketentuan kedua pembayaran sewa dapat dilakukan baik dengan angsuran maupun sekaligus. Ketentuan ketiga adalah Bank dapat meminta nasabah untuk menjaga keutuhan objek sewa dan menanggung biaya pemeliharaan objek sewa sesuai kesepakatan. Ketentuan selanjutnya yaitu Bank tidak dapat meminta nasabah bertanggung jawab atas kerusakan objek sewa yang terjadi bukan karena pelanggaran Akad atau kelalaian nasabah.

Berdasarkan penjelasan tersebut pembiayaan syariah dengan skema Akad Ijarah bisa menjadi pilihan untuk kita yang membutuhkan modal, baik untuk modal kerja, pembiayaan konsumtif maupun investasi. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Ciputat merupakan salah satu Bank Syariah Indonesia yang bisa dijadikan pilihan untuk mulai mendapatkan modal dengan skema Akad Ijarah yang baik. Lokasi dengan akses yang mudah dijangkau dan kenyamanan fasilitas yang diberikan ke nasabah manjadi alasan mengapa kita harus menjadi nasabah dari Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Ciputat.

(Penulis: Afifah Elsa Kusumawardani)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline