Lihat ke Halaman Asli

Pohon Belimbing

Diperbarui: 8 Agustus 2024   09:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama: Bryan(8), Zoe(15), Jessica(21), Gita(6)

Kelas: XE

Pohon belimbing tersebut terdapat di depan laboratorium biologi di SMA Stella Duce 2. Pohon belimbing ini tinggi. Pohon belimbing mempunyai nama latin Averrhoa Carambola. Pohon belimbing mulai berbunga 4-5 tahun setelah penanaman jika kondisi sekitarnya mendukung, dan mulai mekas setelah 65-90 hari. Buah optimal dipanen setelah sudah 35-60 hari.

Pohon belimbing mempunyai akar yang bercabang. akarnya berbentuk kerucut panjang yang tumbuh kebawah tanah untuk mendapat air dan mineral lainnya. Batang pohon belimbing terlihat kasar dan berbenjol benjol, bercabang sedikit, dan arahnya condong ke atas. Daun pada pohon belimbing adalah daun tinggal dengan bentuk yang bulat oval memanjang.

Bunganya berbentuk Malai pada ranting atau ketiak daun. Panjang kelopak bunga dari pohon belimbing kurang lebih 4 mm. Dengan warna yang dari hijau ke kuning tua buah dari pohon belimbing ini memiliki rasa yang manis hingga asam. Buah belimbing ini memiliki memiliki kulit yang tipis yang menjadi warna kuning tua saat matang.

Pohon belimbing memiliki fungsi utama sebagai alat peresapan air, buah belimbing dimanfaatkan untuk memasak, atau dimakan secara langsung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline