Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Bagaimana Kearifan Lokal di Wonosobo untuk Keberlanjutan Pertanian di Masa Depan

Diperbarui: 13 Februari 2024   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

roboguru.ruangguru.com

Halo teman teman pertanian...

kali ini aku mau ngajak kalian nih cari tau apa itu pertanian dan mengapa pertanian itu harus berlanjut? dan apa hubungan pertanian dengan kearifan lokal?

Sebelumnya pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati untuk keperluan kehidupan kita sehari-sehari yang mungkin tidak kita sadari yaitu kita perlu makan.Nah sama seperti kita makan harus terus tetap makan artinya sumber makanan itu tidak boleh putus dan harus terus berlanjut,karena selagi ada nya manusia pertanian pasti tetap berlanjut terus menerus.

Kearifan lokal dan pertanian berkelanjutan merupakan suatu kombinasi yang baik dalam pengembangan pertanian di Indonesia. Ekoefisiensi dari kombinasi keduanya mampu menciptakan keseimbangan suatu sistem baik secara fungsi produksi dan proteksi bagi lingkungan dan masyarakat. Sub tema pada seminar ini adalah (1) Pengelolaan Tanah dan air (2) Manajemen Tanaman Sehat (3) Bioteknologi Pertanian dan Lingkungan (4) Sosial Ekonomi Pertanian. 

Pemberdayaan petani berbasis kearifan lokal adalah pengelolaan pertanian oleh petani dengan sumber daya alam yang ada dan melakukan kegiatan pertanian dari perdesaan atau daerah lokal (Rakhmat, 2013: 54).

nah teman teman contoh perpaduan kearifan lokal dan pertanian yang ada di wonosobo pada gambar dibawah:

ini adalah salah satu contoh kearifan lokal yang memanfaatkan lahan miring yaitu nyabuk gunung.Nyabuk gunung merupakan cara bercocok tanam dengan membuat teras teras pada sawah yang dibentuk menurut garis kontur cara ini banyak dilakukan di lereng perbukitan seperti di lereng bukit sumbing dan sindoro.Cara ini suatu bentuk konservasi lahan lahan untuk bercocok tanam.Ini juga menambah ke estetikaan di suatu daerah dan menjadi kearifan lokal di pesawahan wonosobo walau pun wonosobo terkenal dengan produksi kentangnya dan cuacanya yang dingin.

Nah teman teman dengan pengelolaan seperti ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa kearifan lokal suatu daerah dengan cara menanam itu tidak semata mata hanya dilihat untuk keindahan nya saja pun juga memiliki kegunaan agar pupuk dan air dapat tertampung dengan cukup tidak kekurangan dan terus berlanjut dalam segi yang 1 pengelolaan tanah,2 manajemen tanaman sehat,3 bioteknologi pertanian dan lingkungan pun sosial ekonomi bertani.

nah bagaimana menurut kalian,banyak memang kearifan lokal di Indonesia mungkin yang belum terdeteksi atau belum diketahui untuk menjadikan inovasi yang berlanjut dan tidak merusak ekosistem tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline