Lihat ke Halaman Asli

Merdeka, Apa Benar Sudah Merdeka??

Diperbarui: 24 Juni 2015   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagi warga negara Republik Indonesia, siapa yang tidak tahu tanggal 17 Agustus itu sebagai hari apa.. kalo ngaku warga negara Indonesia terus tidak tahu parah banget tuh.. sudah 68 tahun lalu para pejuang bersusah payah, rela mati dan berkorban demi kemerdekaan negara Indonesia ini.. Mungkin kalau kita yang terlahir di zaman dahulu yang di jajah belum tentu bisa merasakan nikmatnya hidup seperti sekarang. Oleh karena itu kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berterima kasih kepada para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan.

Tapi kira - kira apa bener negara kita sudah benar - benar merdeka? yah kalau merdeka dari peperangan, perbudakan atau pekerja paksa, dan tindakan yang tidak pantas lainnya bisa di bilang iya. tapi sepertinya Indonesia masih di jajah dan yang menjajah itu adalah orang Indonesia sendiri. Nah Loh??!! kok bisa??!! Yah bisa lihat dan saksikan sendiri, korupsi yang terus merajalela dan tak berhenti, yah gimana orang gak takut korupsi kalau hukuman penjara cuma berapa tahun, malah pencuri sendal atau makanan yang dihukumnya sampai belasan tahun. kan edan tenan itu!! yang didalam penjara saja bisa kendalikan bisnisnya diluar sana. betul-betul parah hukum di negeri ini. Bagaimana para koruptor mau takut akan hukum di negeri kita ini?? di beberapa negara para koruptor di hukum mati, di tembak atau di gantung dan hartanya di sita kembali semua. Kira - kira Indonesia berani menerapkan begitu juga gak yah??

Dari segi budaya juga, Indonesia juga masih terjajah. Budaya - budaya daerah kita sudah lebih banyak terlupakan, orang-orang lebih kenal dance - dance negara atau lagu luar negeri hingga titik dan komanya di hafal ketimbang tarian dan lagu daerahnya sendiri. bahkan anak kecil jaman sekarang lebih suka bermain permainan budaya luar.

Segi pengetahuan, Teknologi dan Informasi pun Indonesia masih ter jajah, Indonesia menjadi salah satu negara empuk dalam perdagangan kendaraan, gadget, dan sebagainya. Penjualan mobil dan motor yang selalu meningkat setiap tahun, alat - alat elektronik yang semakin murah dan mudah di dapat di pasaran, apa lagi yang kurang. Padahal Indonesia bisa membuat semuanya juga sendiri, hanya saja kurangnya pelatihan dan pemanfaatan sumber daya manusia, dan uang negara yang banyak di ambil oleh para koruptor. Mau bagaimana lagi, tidak akan bisa maju negara jika hanya 1 orang yang ingin maju tanpa dukungan dari banyak pihak. Masih banyak pula hal - hal lain yang belum merdeka dari bangsa Indonesia ini.

Oleh karena itu, di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ke-68 ini, saya berharap Indonesia bisa lebih baik dan maju, tetap saling menjaga kerukunan, tenggang rasa, saling menghargai dan menghormati walau kita berbeda suku dan keyakinan. Jayalah Indonesia.. Bangkitlah Indonesia.. MERDEKA!!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline