Lihat ke Halaman Asli

Bryan Agustinus Yanto

Mahasiswa Unpar 2019 Fakultas Teknologi Industri

Gladi Hominisasi 5

Diperbarui: 8 April 2022   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas Pasca Gladi Hominisasi 5

            Sebelum gladi hominisasi dimulai, para peserta akan diberikan sebuah tugas gladi, yaitu tugas pra-gladi, dimana tugas ini akan menilai atau memberi refleksi terhadap laguk kebangsaan Indonesia yaitu "Indonesia Raya" dan memilih bagian syair manakah yang paling menarik untuk dijadikan refleksi. Pada tugas ini saya memilih syair ke 3. Tugas ini membuat saya mengenal lebih dalam makna yang tertuang didalam lagu "Indonesi Raya". Setelah menyelesaikan tugas pra-gladi ini, saya dan peserta lainnya mendapatkan email kembali berupa link zoom meeting, aturan aturan yang peserta harus taati, dan juga waktu dari gladi hominisasi itu sendiri.

            Pada hari Sabtu, 2 April 2022, jam 8 pagi saya dan peserta lainnya mengikuti dan masuk kedalam gladi hominisasi melalui via zoom. Sebelum memulai gladi hominisasi, para panitia akan membacakan beberapa aturan yang harus ditaati, dan selanjutnya saya dan para peserta lainnya diharuskan berdiri untuk menyanyikan Mars Unpar. Setelah itu ada sesi dimana dosen akan memberikan materi materi gladi yang berhubungan dengan MKU. Selanjutnya saya dan peserta lainnya melakukan diskusi bersama dengan kelompok yang sudah ditentukan sebelumnya.

            Pada pembahasan atau diskusi bersama kelompok, terdapat beberapa tema yang sudah dibagikan untuk dibahas setiap kelompoknya. Kelompok saya yaitu kelompok 4 mendapatkan tema keberagaman. Dimana kita harus memikirkan keberagaman apa selain keberagaman suku, agama, bahasa dan ras. Setiap kelompok wajib mempresentasikan hasil diskusi bersama, namun tidak boleh menggunakan power point, setiap kelompok harus memikirkan gaya untuk mempresentasikan diskusi mereka. Pada tugas diskusi ini saya mendapatkan dan memberikan ilmu dan insight baru bagi saya sebelumnya, dimana saya dapat mengerti bahwa keberagaman bukan hanya dari suku, agama, bahasa dan ras saja melainkan terdapat keberagaman ideologi, stastus sosial, serta keberagaman perilaku. Selanjutnya setelah kelompok kita melakukan diskusi akan melakukan presentasi kepada seluruh kelompok. Dari gladi hominisasi yang saya ikuti pada hari Sabtu, 2 April 2022 saya mempelajari bahwa sebuah kemampuan menggunakan logika dan bahasa itu sangat perlu, karena sebagai mahasiswa kita mampu memakai logika dengan baik dan benar, dan manfaat bagi saya untuk menerima pendapat dari orang lain dan saya bisa bebas untuk berpendapat.

#unpar
#geladihominisasi
#universitaskatolikparahyangan
#ppilph
#lifeatunpa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline